Bawaslu Putuskan Anies Tidak Melanggar Pidana Pemilu
berita

12 January 2019 07:35
Watyutink.com - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bogor Irvan Firmansyah mengatakan tidak ditemukan unsur pelanggaran pidana pemilu pada kasus kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Bawaslu Kabupaten Bogor menurut Irvan memutuskan kehadiran Anies di acara Konferensi Nasional Partai Gerindra di Sentul, Bogor beberapa waktu bukanlah bentuk kampanye. 

Bawaslu menilai unsur pelangaran pidana Pemlu yang dituduhkan kepada Anies dalam acara itu sulit dibuktikan. Terlebih acara tersebut bukanlah kegiatan kampanye melainkan rapat internal. 

Irvan menegaskan keputusan Bawaslu ini  adalah hasil pemeriksaan atas fakta dan klarifikasi yang sudah dilakukan kepada Gubernur DKI Jakarta itu. 

Sebelumnya kelompok yang menamakan diri Garda Nasional untuk Rakyat (GNR) melaporkan Anies ke Bawaslu lantaran hadir di acara Konferensi Nasional Partai Gerindra. Anies dianggap melakukan pelanggaran kampanye. Terlebih pada acara itu Anies terlihat mengacungkan dua jari yang menjadi simbol pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto- Sandiaga Uno.

Takut merembet ke kepala daerah yang mengacungkan satu jari ya!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Enny Sri Hartati, Dr.

Direktur Institute for Development of Economics & Finance (INDEF)

FOLLOW US

Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi             PMDN Ada Peluang, Tetapi Konsumsi Melambat             Dari Sistem Pemilu Hingga Politik Uang             Perlu Perubahan Revolusioner