Bantah Sekolah Dibuka 13 Juni 2020, Pemprov DKI Sebut Hanya Jika Memungkinkan
berita
Sumber Foto : rmol.id
29 May 2020 14:05
Watyutink.com - Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Regulasi, Chatarina Mulia Girsang, menyatakan pihaknya telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Chatarina menjelaskan SE tersebut memperkuat SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19 yang lebih dulu diterbitkan.

Dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/5/2020) Chatarina menjelaskan  pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) bertujuan memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama masa darurat Covid-19. Selain itu BDR juga untuk melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk virus, mencegah penyebaran dan penularan virus di satuan pendidikan, dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pemprov DKI Jakarta, Nahdiana menegaskan pihaknya tidak akan gegabah membuka kembali sekolah. Nahdiana mengatakan pembukaan sekolah dan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka akan dilakukan jika situasi dan kondisi terkait virus corona atau Covid-19 sudah dinyatakan aman berdasarkan protokol kesehatan.

Saat memberikan keterangan pada pers yang dikutip dari laman Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Pemprov DKI Jakarta, Kamis (28/5/2020) Nahdiana menyatakan kabar yang menyatakan sekolah akan dibuka kembali pada 13 Juli 2020 adalah tidak benar. Nahdiana menembahkan,  kegiatan belajar mengajar tetap bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka. Pasalnya pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diterapkan selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menurutnya juga masuk dalam kriteria kegiatan sekolah.

Sebelumnya Disdik DKI Jakarta mengeluarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nomor 467 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021. Dalam surat tersebut, dinyatakan Hari Pertama Sekolah yaitu pada 13 Juli 2020. Namun tanggal tersebut diartikan sebagai awal dimulainya tahun ajaran baru dan bukan pertanda sekolah kembali dibuka.

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta tengah menyusun pedoman pelaksanaan kenormalan baru. Pedoman ini berlaku untuk semua sektor, baik ekonomi, pendidikan hingga sosial. Seluruhnya tetap mengacu pada protokoler kesehatan demi mencegah kasus penularan virus corona di ibu kota kembali meningkat.

Jangan korbankan keselamatan para siswa dan guru hanya demi pencitraan semata!

Tetaplah kritis membaca berita!

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF