Asal Sudah Tercatat di Form C7, Pemilih Masih Boleh Memilih Setelah TPS Tutup Jam 13.00 WIB
berita

15 April 2019 16:00
Watyutink.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra, mengatakan pemungutan suara pada Pemilu 17 April 2019 akan dilaksanakan pada pukul 07.00 hingga 13.00 WIB. Warga masih bisa menyalurkan hak suaranya setelah tempat pemungutan suara (TPS) ditutup. Namun menurut Ilham hal itu harus memenuhi beberapa persyaratan.

Ilham mengatakan dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 9 Tahun 2019 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum disebutkan bahwa yang diperbolehkan mencoblos setelah pukul 13.00 WIB adalah pemilih yang sedang menunggu gilirannya untuk memberikan suara dan telah dicatat kehadirannya.

Selain itu pemilih sudah berada dalam antrean dan sudah tercatat dalam form model C7 yang terbagi untuk pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Sementara itu komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik mengatakan diperbolehkannya warga yang mencoblos setelah TPS ditutup juga harus mempertimbangkan ketersediaan surat suara. Evi menyebut petugas di TPS harus bisa memperhitungkan hal tersebut.

Jika surat suara habis dan pemilih masih ada, Evi meminta petugas TPS mengarahkan mereka ke TPS lain yang masih dalam satu wilayah sesuai dengan alamat dalam kartu tanda penduduk (KTP) pemilih.

Petugas TPS harus pastikan pemilih adalah warga negara Indonesia, bukan warga negara lain.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Deddy Herlambang

Pengamat Transportasi

Djoko Setijowarno

Pengamat transportasi

FOLLOW US

Karena Tak Melibatkan Ahli Kesehatan             Perlu Rekayasa Kebijakan Naikkan Daya Beli             Civil Society Perlu Awasi Hitung Suara             Holding BUMN Penerbangan             Saatnya Rekonsiliasi             Klaim Prabowo-Sandi Perlu Dibuktikan             Perlu Sikap Kesatria Merespons Kekalahan Pilpres             KPU Jangan Perkeruh Suasana             Gunakan Mekanisme Demokratik             Pemerintah Harus Bebas dari Intervensi Pengusaha