Anies Disebut PSI Pembohong, Pimpinan Parpol Berikan Pembelaan
berita
Plt Ketum PSI Giring Ganesha. Sumber Foto : Twitter
22 September 2021 14:10
Watyutink - Beberapa pimpinan partai politik (parpol) memberikan pembelaan terhadap Anies Baswedan. Hal itu setelah Gubernur DKI Jakarta itu disebut sebagai pembohong oleh Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PSI, Giring Ganesha. Semua pimpinan parpol itu menyebut tindakan Giring sungguh tidak pantas dilakukan oleh seorang ketua parpol.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP Arwani Thomafi menyebut pernyataan Giring bisa menjadi preseden buruk bagi demokrasi di Indonesia. Saat berbicara kepada wartawan, Selasa 21 September 2021, Arwani mengatakan partai politik seharusnya menjadi perantara pendidikan politik bagi publik. Arwani menambahkan kritik boleh saja disampaikan tapi harus melalui jalur yang benar dan bukan karena kebencian.

Arwani menuturkan pernyataan Giring tidak menunjukkan narasi anak muda. Pernyataan Giring juga tidak memiliki basis integritas dan justru menciptakan narasi penuh kebencian. Seharusnya narasi seperti itu dihindari. Sebaliknya dalam situasi pandemi saat ini yang membutuhkan persatuan seluruh elemen bangsa ini.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, meminta Anies tidak perlu menanggapi pernyataan Giring. Sebagai pemimpin Ibu Kota, Anies diminta santai saja dan tetap fokus melaksanakan tugas sambil tetap menera berbagai masukan.

Mardani menyebut prinsip yang dipegang Anies adalah 'Tak tumbang karena dicaci dan tak terbang karena dipuji.' Sehingga Mardani yakin Anies tidak akan terpengaruh dengan ucapan Plt Ketum PSI itu.

Politisi asli Betawi ini menegaskan yang ia ketahui saat ino Jakarta punya gubernur keren yang sudah mencetak berbagai prestasi dan mendapat banyak penghargaan

Ketua DPP PKB Daniel Johan mengatakan pernyataan Plt Ketum PSI itu justru membuat Anies semakin populer. Saat berbicara dengan awak media, Selasa 21 September 2021, ucapan Giring secara tidak langsung justru mempromosikan Anies. Itulah sebabnya Daniel menyebut, jangan-jangan sebenarnya Giring sayang kepada Anies dan saat ini sedang mempromosikan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu.

Daniel menambahkan sebutan pembohong yang diberikan Giring kepada Anies sungguh tidak pantas dan cenderung tendensius. Terlebih menurut Daniel, PSI turut andil dalam program-program yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Dalam konteks pemerintah deerah, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta sudah disetujui oleh semua anggota DPRD, termasuk PSI.

Pembelaan juga disampaikan Sekjen PAN Eddy Soeparno. Menurutnya Anies adalah sosok intelektual, memiliki integritas, kemampuan untuk menyelesaikan masalah-masalah, termasuk permasalahan pelik. Eddy menilai salah satu capaian Anies adalah program vaksinasi Covid-19. Saat ini DKI Jakarta menempati urutan pertama dalam hal vaksinasi bagi masyarakat.

Eddy menambahkan, jika tudingan Giring itu benar, dipastikan banyak banyak gugatan, baik hukum perdana maupun perdata dilayangkan kepada Anies. Namun nyatanya menurut Eddy ha itu tidak pernah ada.

Sebelumnya dalam sebuah video di akun twitter @psi_id, Selasa 21 September 2021 Plt Ketum PSI Giring Ganesha menyebut Anies sebagai pembohong. Mantan vokalis grup musik Nidji itu menuding Anies menggunakan APBD DKI untuk kepentingan Pilpres 2024. Salah satunya dengan menggelar ajang balap mobil Formula E.

Giring mengatakan uang rakyat dihabiskan Anies untuk Formula E. Padahal saat ini rakyat tengah menderita dan hidup susah karena pandemi. Giring juga menyebut Anies pura-pura peduli terhadap warga Jakarta yang terkena dampak pandemi. Kepura-puraan itulah yang membuat Giring menyebut Anies sebagai pembohong.

Giring menyatakan hal itu harus menjadi pertimbangan rakyat saat memilih presiden di tahun 2024. Diakhir videonya Giring mengatakan, "Jangan sampai Indonesia jatuh ke tangan pembohong. Jangan sampai Indonesia jatuh ke tangan Anies Baswedan."

Sepertinya memang belum pantas menjadi Ketua Umum Partai.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF