Angkat Eks Tim Sukses Jokowi jadi Komisaris PLN, Kementerian BUMN Berdalih Lantaran Berpengalaman
berita
Eko Sulistyo/ Ist
26 October 2020 15:53
Watyutink.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali mengangkat relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai komisaris BUMN. Selain mengangkat Ulin Ni’am Yusron sebagai komisaris PT PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Erick juga menujuk Eko Sulistyo sebagai komisaris PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Eko diketahui adalah mantan anggota tim sukses Jokowi, bahkan sejak dari pemilihan Wali Kota Surakarta. 

Pengangkatan Eko dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Nomor: SK-330/MBU/10/2020 tanggal 9 Oktober 2020 tentang Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Listrik Negara. Pengangkatan Eko juga diketahi melalui Surat Pengangkatan Dewan Komisaris PLN tertanggal 16 Oktober 2020. Surat itu ditujukan kepada Kepala Divisi Penilaian Perusahaan 2 PT Bursa Efek Indonesia (BEI).

Staf khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menyebut Eko diangkat sebagai komisaris PLN lantaran dianggap berpengalaman. Terlebih Eko pernah menjabat posisi Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP). Selain itu menurut Arya, pengangkatan Eko juga mempertimbangan fokus pelayanan yang akan dikerjakan PLN.

Saat memberikan keterangan, Senin 26 Oktober 2020, Arya menambahkan Eko berpengalaman menangani hal-hal terkait dengan bagaimana berhubungan dengan masyarakat. Pengalaman itu terlihat selama Eko berada di KSP. Arya menambahkan saat ini PLN bakal fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Itulah sebabnya pengalaman Eko dalam berhubungan dengan masyarakat sangat dibutuhkan.

Pengangkatan Eko membuat daftar eks relawan dan tim sukses Jokowi yang menduduki kursi komisaris BUMN semakin panjang. Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir telah menunjuk Ulin Ni’am Yusron sebagau komisaris PT ITDC. Penunjukan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor: SK-319/MBU/10/2020 tanggal 08 Oktober 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pengembangan Pariwisata Indonesia.

Ulin adalah influencer yang menjadi relawan Jokowi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 dan 2019. Salah satu pendiri portal berita milik Grup Lippo, Berita Satu ini dalam postingan di akun Istagramnya, 31 Agustus 2020, memajang fotonya bersama Jokowi dengan latar belakang Istana Negara. Dalam unggahan tersebut pria berambun panjang ini menuliskan, “Saya influencer Jokowi!”

Masih banyak orang berpengalaman, mengapa harus mantan tim sukses?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF