Anggota Komisi III Yakin Permohonan Amnesti Baiq Nuril Bakal Dikabulkan
berita
Sumber Foto : merdeka.com
18 July 2019 14:20
Watyutink.com – Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Erma Suryani Ranik memberi sinyal pihaknya bakal menyetujui permohonan amnesti yang diajukan terpidana kasus pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Baiq Nuril. Erma menambahkan saat ini surat yang dikirimkan Baiq sudah dalam proses pembahasan dalam Badan Musyawarah (Bamus) untuk selanjutnya dibawa ke rapat pleno.

Erma mengakui masing-masing fraksi mempunyai pertimbangan sendiri. Dalam rapat pleno tiap fraksi akan menyampaikan argumentasi hukumnya. Namun anggota Fraksi Partai Demokrat ini yakin seluruh fraksi tidak akan menolak dan menyetujui permohonan tersebut.

Erma menambahkan hingga saat ini belum diputuskan kapan rapat pleno bakal digelar. Tapi Erma memperkirakan pleno akan dilaksanakan pada 24 Juli 2019. Pasalnya pada 26 Juli 2019, DPR sudah memasuki masa reses. Sehingga permohonan Baiq Nuril sudah diputuskan sebelum masa reses.

Keyakinan yang sama juga diungkapkan anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahter (PKS) Nasir Djamil. Politikus asal Aceh ini optimis semua fraksi akan memberikan persetujuan. Nasir menilai hal ini menjadi momentum untuk menghadirkan keadilan restoratif. Ia menegaskan, PKS mendukung penuh pemberian amnesti kepada guru honorer asal Nusa Tenggara Barat (NTB)  itu.

Sementara itu anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menegaskan setidaknya ada empat hal yang perlu dikaji oleh Komisi III. Arsul menyebut antara lain, fakta persidangan serta pasal yang digunakan untuk mempidanakan Baiq Nuril.

Selain itu menurut Arsul, Komisi III juga harus mengkaji pertimbangan pengadilan, mulai dari tingkat pengadilan negeri hingga Mahkamah Agung (MA). Pertimbangan keempat menurut Arsul adalah keadilan restoratif yang disuarakan oleh kelompok masyarakat sipil.

Kalau sampai tidak dikabulkan, ya kebangetan!

Tetaplah kritris membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar             GBHN Isu Elite Politik Saja             Kepentingan Politik Lebih Menonjol