Akui Posting Foto Natalius Pigai dan Gorila, Ambroncius Nababan Bantah Hina Warga Papua
berita
Sumber Foto : kompas.tv
26 January 2021 10:10
Watyutink.com - Ketua Relawan Pro Jokowi Ma'ruf Amin (pro jomin) Ambroncius Nababan mengakui memposting foto mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Natalius Pigai dengan gorila. Namun Ambroncius membantah telah bersikap rasis. Menurutnya tindakan tersebut hanyalah sindiran yang bersifat satire. 

Saat berbicara di Gedung Bareskrim Polri, Senin 25 Januari 2021, Ambroncius menerangkan foto Pigai dan gorila yang diposting bukanlah buatannya. Ambroncius mengaku mendapatkan foto itu dari media sosial lain. Ia hanya membuat percakannya saja. 

Kader Partai Hanura ini berdalih hanya ingin menyindir Pigai yang tidak setuju dengan program vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin buatan Sinovac. Ambroncius menyatakan tidak masalah jika Pigai menolak vaksinasi tapi jangan sampai memposting hal itu ke publik. 

Ambroncius menegaskan dirinya tidak berniat menghina warga Papua. Terlebih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Ambroncius mengaku maju sebagai calon anggota DPR dari daerah pemilihan (dapil) Papua. Selain itu postingan tersebut menurut Ambroncius bukan bertujuan menghina orang apalagi menghina suku dan agama. 

Ambroncius menambahkan dirinya mendatangi Bareskrim Polri guna memenuhi panggilan penyidik. Ia datang untuk menjelaskan perihal kasus postingannya yang diduga rasis. Ambroncius memastikan dirinya tidak akan lari dan siap bertanggung jawab atas perbuatannya, termasuk jika harus berhadapan dengan proses hukum. 

Kalau bawa-bawa hewan bukan satire namanya! 

Tetaplah kritis membaca berita! 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI