Akibat Virus Corona, Pendaftaran STAN dan IPDN 2020 Ditunda  
berita
Sumber Foto : tribunnews.com
07 April 2020 14:30
Watyutink.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) secara resmi menunda pendaftaran dan penerimaan Sekolah Kedinasan atau Pendidikan Kedinasan (Dikdin) 2020. Hal ini terkait dengan pemberlakuan status tanggap darurat becana non-alam yang ditetapkan pemerintah akibat wabah virus corona atau Covid-19.

Dikutip dari situs rema Sekretaris Kabinet (Setkab), Selasa (7/4/2020) Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo telah membuat Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor B/381/M.SM.01.00/2020 tentang Penundaan Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan Tahun 2020. Surat tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Kementerian PAN-RB Dwi Wahyu Atmaji atas nama Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo pada Jumat (3/4/2020).

Dalam keterangannya KemenPAN-RB menyebut penundaan tersebut dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan. Nantinya pemerintah akan memberikan pemberitahuan lebih lanjut jika ada perubahan terkait pendaftaran dan seleksi penerimaan Dikdin 2020.

Semula pemerintah akan membuka pendaftaran beberapa sekolah kedinasan pada Kamis (9/4/2020). Pada tahun ini setidaknya terdapat delapan sekolah kedinasan di bawah berbagai kementerian dan lembaga yang akan membuka pendaftaran, diantaranya Politeknik Keuangan Negara (PKN), Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN),dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Selain itu beberapa kementerian dan lembaga negara  yang juga akan membuka pendaftaran, yakni Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Persiapan seleksi penerimaan Dikdin tahun 2020 dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian PAN-RB, serta delapan instansi pembina sekolah kedinasan. Keterangan lebih lanjur terkait seleksi penerimaan bisa dilihat di Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) yang menjadi satu-satunya situs resmi pendaftaran Dikdin 2020.

Daripada nantinya diterima kuliah tapi masuk rumah sakit, mendingan ditunda dulu!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF