7 Juta Orang Meninggal Setiap Tahun Akibat Polusi Udara
berita
Sumber Foto: INFOJKT.COM
23 September 2021 13:40
Watyutink.com – WHO memperkirakan sekitar 7 juta orang meninggal setiap tahun karena penyakit yang berkaitan dengan polusi udara.

Untuk itu, WHO memperingatkan bahwa polusi udara jauh lebih berbahaya dari yang kita bayangkan sebelumnya, karena polusi memangkas tingkat aman maksimum polutan utama seperti nitrogen dioksida.

Negara-negara berpendapatan rendah paling terdampak, karena ketergantungan mereka terhadap bahan bakar fosil untuk pembangunan ekonomi. Demikian dikutip dari BBC, Kamis (23/9/2021).

WHO menempatkan polusi udara setara dengan merokok dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Badan PBB ini juga mendesak 194 negara anggotanya mengurangi emisi dan mengambil tindakan penanganan perubahan iklim menjelang KTT COP26 pada November.

Pedoman baru, yang dirilis pada Rabu, membagi dua tingkat maksimum yang disarankan untuk paparan partikel kecil yang disebut PM2.5. Partikel ini hasil dari bahan bakar di pembangkit listrik, pemanas rumah tangga dan mesin kendaraan.

"Hampir 80 persen kematian terkait PM2.5 dapat dihindari di dunia jika tingkat polusi udara saat ini dikurangi seperti yang diusulkan dalam pedoman yang diperbarui," kata WHO.

Pedoman baru ini juga memotong batas yang direkomendasikan untuk kelas mikropartikel lain, yang dikenal sebagai PM10, sebesar 25 persen. Polutan lain yang disebutkan dalam pedoman tersebut termasuk ozon, nitrogen dioksida, sulfur dioksida, dan karbon monoksida.

Polusi udara terkait dengan kondisi seperti penyakit jantung dan stroke. Pada anak-anak, dapat mengurangi pertumbuhan paru-paru dan memperburuk asma. “Meningkatkan kualitas udara dapat meningkatkan upaya mitigasi perubahan iklim, sementara pengurangan emisi pada gilirannya akan meningkatkan kualitas udara,” jelas WHO.

Emang polusi bahaya banget sih, tapi siapa yang peduli dengan serius masalah ini?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF