Inilah Dampak dari Pelecehan Seksual yang Masih tidak Dipedulikan oleh Masyarakat
berita
Pikiran Bebas
17 January 2020 09:00
Penulis

Mahasiswi The London School of Public Relation, Jakarta

Di zaman sekarang ini pelecehan seksual masih sering terjadi dan masih banyak masyarakat luas yang tidak memperdulikan masalah ini. Pelecehan seksual adalah tindakan tidak senonoh yang terikat dengan seks yang tidak di inginkan dengan memaksa para korban dengan sentuhan-sentuhan seksual, ajakan seksual dan juga mengomentari bagian tubuh tertentu. Pelecehan seksual dapat terjadi di mana saja baik di tempat umum sepert bis, pasar, sekolah, kantor, maupun ditempat pribadi seperti rumah.

Menurut studi Value Champion, Indonesia berada di peringkat kedua negara yang paling berbahaya untuk perempuan di wilayah Asia Pasifik. Kasus pelecehan seksual ini sudah menjadi hal yang tabu di masyarakat. 

Dampak pelecehan seksual pada korban

1. Mental illness: 

Penyakit gangguan kejiwaan yang mempengaruhi pikiran, perasaaan dan perilaku seseorang. Tidak sedikit korban kekerasan yang mengalami gangguan kejiwaan karena terlalu shock akibat kejadian harassment. Rendahnya pengetahuan tentang gejala ini bisa membuat korban memiliki gangguan jiwa yg lebih besar.

2. Mental breakdown

Korban yang mengalami pelecehan seksual dapat membuat korban memiliki reaksi panik dan cemas yang berlebihan yang membuat korban akan merasa lebih waspada pada apapun sehingga membuat orang di sekelilingnya merasa tidak nyaman. 

3. Insecure

korban pelecehan akan merasa insecure dimana korban merasa bahwa diri mereka tidak berharga lagi. Korban akan lebih menutup diri lebih sering overthinking pada dirinya sendiri dan kehilangan kepercayaan diri. 

4. Bunuh diri 

Salah satu dampak serius yang terjadi karena pelecehan seksual yaitu bunuh diri. Banyak masyarakat yang tidak tau tentang kasus dimana para korban kehilangan nyawa nya akibat tidak dapat bertahan lagi. Korban akan mengalami depresi sehingga dapat menyakiti dirinya sendiri dengan disengaja dan menghilangkan nyawa mereka sendiri.

Berdasarkan hasil wawancara yang sudah saya lakukan terhadap seorang korban pelecehan seksual, korban mengaku bahwa mereka mengalami shock berat, tidak bisa berbuat apa-apa, stress berat yang pada akhirnya membuat korban menjadi depresi. 

Apakah keluarga, teman atau kerabat kerjamu pernah mengalami pelecehan seksual? Berikut cara menangani para korban pelecehan seksual

1. Tetap berada disisi mereka

Disaat seseorang mengalami pelecehan seksual korban akan mengalami shock dan trauma, maka dari itu kita harus tetap disamping mereka agar korban akan tetap tenang hingga ketakutan korban itu hilang

2. Ajak mereka liburan

Dengan mengajak mereka liburan setidaknya korban bisa melupakan hal buruk yang korban alami. Dengan mengajak korban liburan akan mengurangi phobia untuk bertemu orang banyak sehingga korban akan lebih mudah untuk menerima lingkungan seperti dulu.

3. Temani mereka ke tempat umum

Dengan menemani mereka beraktivitas seperti dulu lagi akan membuat korban lebih tenang karena adanya perlindungan dari kita. Korban akan lebih mudah merasa nyaman dilingkungan sekitar ketika ada seseorang yang menemaninya.

Dampak pelecehan seksual adalah hal serius yang harus kita sadari. Jika tidak ditangani dengan maksimal korban akan mengalami depresi yang mendalam dapat membat korban bunuh diri. Maka dari itu kita sebagai masyarakat harus lebih tau dan sadar akan pelecehan seksual.

* Konten ini adalah kiriman dari user, isi konten sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis/kreator/user. Ingin membuat konten di Watyutink? Klik di sini!

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

Indonesia Bubar

21 February 2020

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Tauhid Ahmad

Executive Director INDEF

Agus Herta Sumarto

Peneliti INDEF

Deniey Adi Purwanto

Peneliti INDEF