Produk LALA AND LILO Karya Mahasiswa UM Diproduksi Massal
berita
InfoTink
08 August 2019 10:30
Penulis
Produk LALA AND LILO akan diproduksi massal dan kemudian akan diperkenalkan kepada Orangtua dan Guru TK sebagai media pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia prasekolah, yang memiliki tingkat efektifitas dan efisiensi lebih baik.

Alif Hanifatur Rosyidah, selaku Ketua tim Mahasiswa Sastra Inggris mengungkapkan, “terciptanya produk ini berawal dari permasalahan yang didapatkan dari studi lapangan pada salah satu TK di Jawa Timur, yaitu Malang. Sepulang dari sana, Alif dkk mendapatkan permasalahan yang kemudian menjadi alasan terciptanya LALA AND LILO. Kalau pada umumnya produk itu tercipta hanya lewat sebuah inovasi, beda halnya dengan LALA AND LILO yang tercipta karena ada sebuah permasalahan dan ingin menciptakan inovasi produk yang bermanfaat dan dapat diterima masyarakat."

“LALA AND LILO" memang sengaja diciptakan sebagai buku bercerita berbahasa Inggris berbunyi untuk anak prasekolah, lanjutnya, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa produk ini nantinya akan melebarkan sayap, merangkap di sektor tingkatan lainnya” imbuhnya.

LALA AND LILO bukan buku bercerita berbahasa Inggris berbunyi pertama kalinya yang diciptakan. Menurut Alif, sebelumnya telah ada produk serupa akan tetapi tidak berfokus kepada anak usia prasekolah.

Penelitian ini juga berdasarkan sumber data yang saya temukan, buku itu menggunakan tombol yang diletakkan pada buku. Selain itu, penggunaan tombol yang diletakkan pada buku tidak efisien untuk anak usia prasekolah. Kelemahan-kelemahan itulah yang dijadikan oleh mahasiswa bimbingan Hasti Rahmaningtyas, SPd., MA ini dimanfaatkan sebagai kelebihan dan akan diperkenalkan ke TK di seluruh Indonesia.

Menggunakan aplikasi android sebagai pengeluaran suara, ia menikai media pembelajaran tersebut memiliki tingkat keamanan yang lebih baik terhadap anak prasekolah. Selain itu, dalam aplikasi android juga terdapat 10 tombol yang berisi suara tiap halaman guna memudahklan penggunaan bagi anak prasekolah.

Berdasarkan kajian yang cukup medalam, maka LALA AND LILO akan diproduksi masal yang kemudian akan diperkenalkan kepada Orangtua dan Guru TK sebagai inovasi media pembelajaran baru yang memiliki tingkat efektivitas dan efisiensi lebih baik.

Dengan demikian, diharapkan LALA AND LILO mampu menoptimalkan pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia prasekolah di seluruh Indonesia. Produk ini juga diperkenalkan memalui media sosial, dan juga website yang telah dipersiapkan. “media yang kita miliki saat ini yaitu instagram @lalalilo_project, dan juga website https://lalalilopublishing.wixsite.com/childbook.” 

Tim LALA AND LILO UM:
Alif Hanifatur Rosyidah, Mahasiswa Sastra Inggris UM
Hafizah Islami Rahmadina, Mahasiswa Ekonomi UM
Indra Nurdien Hakim, Mahasiswa Teknik Elektro UM
Nilna Almunaa Brilliarahma Hermanto, Mahasiswa Desain Komunikasi Visual UM
Rifki Fajar Fitrianto, Mahasiswa Teknik Elektro UM

[Indra Nurdien Hakim]

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar             GBHN Isu Elite Politik Saja             Kepentingan Politik Lebih Menonjol