Prodem Kembali Datangi DPR, Menentang Perppu No 1/2020
berita
InfoTink
Sumber Foto : Dok. Pril Huseno 12 May 2020 14:45
Penulis
Puluhan aktivis ProDEM (Jaringan Aktivis Pro Demokrasi) dengan mengenakan masker hitam bertuliskan "Tolak Perppu No 1 / 2020" siang ini kembali mendatangi gedung DPR RI di Jalan Gatot Subroto Jakarta, untuk menghadiri rencana Penetapan RUU Perppu No 1 tahun 2020 oleh DPR RI. 

Dipimpin Ketua Majelis Prodem Iwan Sumule, para aktivis tersebut bermaksud hadir sebagai  pemantau persidangan Rapat Paripurna DPR RI yang berencana mengesahkan Penetapan RUU No 1 tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Keuangan Negara dalam Menghadapi Wabah Covid-19, atau yang biasa disebut sebagai Perppu Corona. 

Perppu No 1/2020 tersebut setelah disetujui  Badan Anggaran DPR pada Senin malam (4/5/2020), memang direncanakan untuk disahkan dalam rapat paripurna DPR yang akan dipimpin oleh Puan Maharani pada hari ini (12/5/2020).

Sampai dengan berita ini dibuat, puluhan aktivis Prodem masih berusaha untuk dapat memasuki ruang rapat paripurna DPR RI meski sempat dihalangi oleh Pamdal DPR. 

Sementara belasan aktivis ProDEM lainnya masih tertahan di luar gerbang DPR karena belum diizinkan masuk. 

Menurut Nico, salah seorang aktivis ProDEM yang tertahan di luar gerbang DPR, Perppu No 1/2020 harus ditolak karena berpotensi merusak sistem yang telah ada, antara lain fungsi pengawasan anggaran DPR karena memberikan wewenang penuh kepada pengguna anggaran negara terkait penanganan wabah Covid-19, tanpa bisa dituntut apabila terjadi dugaan penyimpangan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI