BPIP Bahas Tindak Lanjut Kerjasama dengan Lemhannas
berita
InfoTink
Sumber Foto : BPIP/ Amos 28 July 2020 08:15
Senin, (27/07/2020) – BPIP melaksanakan kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun/FGD tindak lanjut kerja sama dengan Lemhannas. Kegiatan dibuka oleh Plt. Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP, Adji Samekto bersama Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas, Rahmat Pribadi. Kegiatan diselengarakan dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan kenormalan baru/new normal.

Selain Plt. Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, dan Jaringan, Diskusi Kelompok Terpumpun dihadiri oleh dihadiri oleh Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di Lingkungan BPIP, antara lain: Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi, Kepala Pusat Data dan Informasi, Direktur Pembudayaan, Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama, Direktur Pengkajian Materi, dan Direktur Standardisasi Materi dan Metode Aparatur Negara.

Sementara, dari Lemhannas hadir Deputi Pengkajian Stratejik, Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan, Tenaga Ahli Profesional bidang Politik Dalam Negeri dan Ideologi, serta pihak BPIP yaitu Deputi Pengkajian dan Materi, Deputi Pendidikan dan Pelatihan, Deputi Pengendalian dan Evaluasi, dan Staf Khusus Dewan Pengarah.

Baca Juga

Rahmat Pribadi dan jajaran Deputi Lemhannas manyampaikan sambutan baik atas undangan BPIP terhadap Lemhannas untuk melaksanakan tindak lanjut kerjasama dan berkomitmen untuk meneruskan dalam bentuk Perjanjian Kerjasama yang akan dilaksanakan oleh tim teknis dari kedua pihak.

“Semoga pertemuan kita ini, awal dari kita (BPIP dengan Lemhanas) bekerjasama.” ujar Rahmat dalam sambutannya.

Hal Senada disampaikan Adji, yang berharap ke depan BPIP dan Lemhanas bisa saling bekerjasana, saling bertukar informasi, dan mengisi terkait pembinaan ideologi Pancasila yang menjadi mandate bagi BPIP melalui Peraturan Presiden (Perpres) 7 tahun 2018 tentang BPIP.

Kegiatan tersebut juga melahirkan sejumlah kesepakatan, antara lain: perlu ada pertemuan antar pimpinan lembaga untuk menyamakan visi dan misi kerja sama; pembahasan fokus arah kerja sama pada substansi yang terdapat dalam ruang lingkup nota kesepahaman; penyusunan konsep kerja sama secara keseluruhan yang menyangkut substansi kerja sama; dan pembentukan tim tindak lanjut kerja sama yang dibagi atas substansi.

Seluruh kesepakatan dalam Diskusi Kelompok Terpumpun akan ditidak lanjuti dalam waktu dekat. Menurut BPIP dan Lemhanas, tindak lanjut akan dimulai dengan pertemuan antar kedua kepala lembaga tersebut.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila