Warna Air Senimu, Kondisi Kesehatanmu
berita

05 December 2018 11:30
Watyutink.com - Pernahkah Anda memperhatikan air senimu ketika sedang buang air kecil di toilet? Kalau Anda perhatikan warna air seni itu terkadang terlihat putih jernih, putih kekuning-kuningan, kuning pekat atau malah kuning kecoklat-coklatan, serta malah tak jarang ada yang berwarna merah seperti darah.

Tahukah Anda, ternyata warna air seni atau urine atau disebut juga air (maaf) kencing bisa jadi indikator apakah Anda lagi terdehidrasi (kurang cairan) atau pun sedang mengalami gangguan kesehatan?

Air seni merupakan cairan sisa reaksi kimiawi yang rumit yang terjadi di dalam tubuh kita, yang mengandung sekitar 95 persen air dan sisanya 5 persen zat-zat kimia lainnya. Zat-zat inilah yang mempengaruhi warna dan bau air seni kita.

Air seni yang normal biasanya berwarna kuning bercahaya karena merupakan hasil ekskresi (pengeluaran) pigmen yang disebut urochrome. Tapi, warna air seni bisa juga karena pengaruh dari makanan yang dikonsumsi atau pun penyakit yang kita derita.

Jika air seni berwarna merah, Anda harus berhati-hati dan mencari tau penyebabnya, karena bisa saja karena makanan yang dikonsumsi. Jika air seni berwarna pink atau terdapat semburat merah seperti darah berarti Anda harus segera berkonsultasi ke dokter. Selain itu warna air seni bisa juga berwarna hijau atau biru walau jarang sekali terjadi. Air seni berwarna hijau atau biru bisa disebabkan oleh penyakit dan juga makanan yang kita konsumsi. 

Akan tetapi warna air seni yang terlalu jernih juga tidak baik, yang bisa diakibatkan karena Anda terlalu banyak minum. Mengkonsumsi air berlebih juga tidak baik untuk kesehatan ginjal. Minumlah air secukupnya, jangan berlebih. Memang ada anjuran untuk minum rata-rata 2 liter air sehari atau sekitar 8 gelas. Tapi, tidak semua tubuh mengkonsumsi 8 gelas air sehari, bisa kurang atau malah lebih. Minumlah air putih ketika Anda haus. Haus merupakan isyarat dari tubuh Anda yang mengatakan bahwa tubuh Anda sedang membutuhkan air. Kenalilah setiap isyarat haus Anda. 

Yang terpenting adalah, segera konsultasikan ke dokter jika merasa ada masalah pada warna air seni Anda.

Warna-warna air seni di atas sebagai referensi dasar untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?