Wajah Bercahaya dan Bebas Keriput dengan Jus Jambu Biji
berita

07 August 2020 17:30
Watyutink.com - Selama ini jambu biji dikenal sebagai buah dengan segudang manfaat. Salah satu yang paling sering adalah sebagai obat untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti mulas dan diare. 

Ternyata jambu biji tidak hanya bermanfaat bagi pencernaan. Pasalnya buah yang berasal dari Brazil ini juga ampuh untuk menjaga kesehatan kulit. 

Tahukah Anda apa manfaat jambu biji bagi kesehatan kulit? 

Meski berasal dari Amerika Selatan, jambu biji sudah banyak dibudidayakan di kawasan lain, termasuk negata Asia Tenggara, seperti Indonesia dan Thailand. Tanaman yang bernama latin psidium guajava dikenal pula dengan nama jambu klutuk. 

Buah ini dikenal kaya akan kandungan vitamin C. Bahkan para ahli kesehatan menyebut kandungan vitamin C dalam jambu biji lebih tinggi daripada jeruk. Jambu biji juga memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi daripada pisang. 

Jambu biji memiliki daging buah berwarna merah tapi ada pula yang putih. Sedangkan kulitnya berwarna hijau terang. Selain vitamim C dan kalsium, jambu biji juga kaya akan kandungan vitamin A, B, dan kalium. Itulah sebabnya jambu biji bermanfaat bagi kesehatan kulit dan wajah. 

Vitamin C dalam jambu biji akan merangsang produksi kolagen. Dampaknya kulit menjadi lebih kencang dan mulus. Garis halus akan tersamarkan dan pori-pori mengecil. Sehingga kulit terlihat lebih awet muda. 

Vitamin C juga mampu menghambat pembentukan melanin yang merupakan  pigmen pemberi warna gelap pada kulit, rambut, dan mata. Orang dengan warna kulit gelap memiliki jumlah melanin lebih banyak pada kulitnya.

Kombinasi vitamin C, A, dan B dalam jambu biji membuat kulit lebih bercahaya. Ditambah mineral kalium yang membantu mengencangkan kulit dan menjaga elastisitasnya. Kulit terutama wajah akan terhindar dari kerutan sehingga tampak lebih muda. Penuaan dini bisa dihindari dengan rutin mengonsumsi jambu biji. 

Untuk memperoleh manfaat jambu biji caranya sangat mudah. Bisa dengan memakan secara langsung atau mengolahnya menjadi jus. Siapkan sebutir jambu biji merah dan semangka secukupnya. Potong kecil-kecil. Blender kedua buah tersebut dan tambahkan tiga atau lima butir kurma yang sudah dibuang bijinya. Tambahkan air secukupnya dsn blender hingga halus. 

Minum secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF