Wah, Rutin Minum Kopi Ternyata Turunkan Risiko Kematian Dini, tapi Sebaiknya Tanpa Gula dan Susu
berita
Ilustrasi/ Net
28 February 2021 08:00
Watyutink.com - Menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting. Pasalnya berbagai risiko gangguan kesehatan selalu mengintai setiap saat. Bukan hanya mengganggu kesehatan, bahaya tersebut bahkan bisa berakibat kematian.

Dulu orang beranggapan kematian hanya menimpa orang yang sudah lanjut usia. Anggapan itu wajib dibuang. Pasalnya kematian di usia muda kini sudah kerap terjadi. Salah satu pemicu kematian dini adalah pola dan asupan makan yang tidak sehat.

Itulah sebabnya makanan dan minuman yang kita konsumsi harus selalu diperhatikan. Usahakan selalu mengonsumsi makanan dan minuman sehat agar terhindar dari risiko kematian dini.

Tahukah Anda, rutin minum kopi bisa mencegah kematian dini?

Bagi Anda penggemar kopi ada kabar gembira. Pasalnya rutin minum kopi ternyata bisa mencegah kematian dini. Penelitian yang dilakukan National Cancer Institute dan National Institutes of Health membuktikan, kopi dapat menurunkan risiko kematian dini hingga 16 persen.

Penelitian ini dilakukan selama 10 tahun terhadap 500 ribu orang dewasa di Inggris yang berusia 37 hingga 38 tahun. Peserta diminta mengisi kuisioner dan melakukan pemeriksaan kesehatan, fisik, hingga sampel biologis.

Selama penelitian dilakukan 14.200 peserta meninggal dunia. Uniknya peserta yang mengonsumsi kopi dengan jumlah lebih banyak justru hidup lebih lama. Hasil inilah yang membuat para peneliti menyimpulkan mengonsumsi kopi baik untuk kesehatan dan menurunkan risiko kematian dini.

Meskipun sehat, kopi tetap tidak boleh diminum secara berlebihan. Studi yang dilakukan oleh Harvard University, Amerika Serikat (AS) menyatakan orang yang minum kopi tiga sampai empat cangkir sehari akan terlindungi risiko kematian akibat penyakit tertentu. Kandungan antioksidan dalam kopi dapat mengurangi risiko kanker dan diabetes.

Antioksidan dalam kopi bisa juga berguna mencegah dan menghambat kerusakan sel dalam tubuh. Kandungan antioksidan pada kopi bahkan lebih tinggi dibandingkan yang terdapat pada buah dan sayur-sayuran.

Sedangkan kandungan kafein dalam kopi dapat membantu meredakan sakit kepala. Selain itu kafein juga mampu menurunkan tingkat stres. Itulah sebabnya minum kopi secara teratur bisa menyebabkan seseorang lebih bahagia dan terhindar dari stres.

Namun para ahli mewanti-wanti kopi yang diminum harus bebas dari gula, susu, atau sejenisnya. Kopi pahit atau tanpa gula terbukti bermanfaat untuk kesehatan saraf dan meningkatkan fungsi otak. Kopi tanpa gula juga lebih aman bagi penderita diabetes. Kafein tanpa gula justru bermanfaat untuk pembentukan hormon yang mengatur pembentukan insulin.

Minum kopi tanpa gula juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Pasalnya kopi tanpa gula mampu mencegah peradangan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan kalsium dan kalium dalam kopi pahit juga bermanfaat menguatkan otot jantung. Selain itu kopi tanpa gula juga mampu mengatasi sumbatan darah akibat makanan sehari-hari.  

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI