Varises, Ganggu Penampilan dan BikinTidak Nyaman, Hilangkan dengan Bawang Putih, Tomat, Kubis, dan Minyak Zaitun
berita
Varises
08 November 2020 06:00
Watyutink.com – Kita pasti pernah melihat orang dengan guratan-guratan urat menonjol di paha atau betis. Guratan urat berwarna biru kehijauan itu kerap disebut sebagai varises. Penderita varises tentu akan merasa tidak nyaman. Pasalnya guratan urat menonjol tersebut sangat mengganggu penampilan. Selain itu varises juga menyebabkan gangguan kesehatan.

Itulah sebabnya penderita varises berusaha menyembuhkannya. Biasanya mereka menggunakan obat-obatan kimia. Padahal sebenarnya varises bisa dihilangkan menggunakan bahan-bahan alami. Selain lebih aman, bahan alami juga bisa dengan mudah ditemukan. Sehingga harganya pun relatif lebih murah.

Tahukah Anda, apa saja bahan alami untuk menghilangkan varises?

Varises adalah gangguan kesehatan yang terjadi saat pembuluh darah vena mengalami pembengkakan dan pelebaran. Varises terjadi karena adanya kegagalan katup pembuluh darah dalam menahan aliran darah balik ke jantung. Varises tidak bisa dipandang sepela. Jika dibiarkan dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih parah.

Kondisi kesehatan yang terganggu akibat varises diantaranya adalah komplikasi berupa perdarahan, inflamasi pada vena akibat adanya pembekuan darah. Selain itu juga berisiko terjadi insufisiensi vena kronis, yaitu kondisi di mana kulit tidak dapat bertukar oksigen, nutrisi, dan produk sisa metabolisme akibat aliran darah yang berlebih. Insufisiensi vena kronis tidak berhubungan langsung dengan varises, tetapi keduanya saling terkait.

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab varises adalah, riwayat keluarga dan pertambahan usia. Selain itu kelebihan berat badan, kehamilan, dan kurang gerak juga bisa memicu munculnya varises. Trauma tungkai juga kerap menjad penyebab varises.

Untuk menghilangkan varises sebaiknya tidak terburu-buru menggunakan obat kimia. Sebaiknya coba dulu menyembuhkan varises menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya adalah bawang putih. Bumbu masak ini diketahui bermanfaat untuk mendetoksifikasi darah. Akibatnya aliran darah menjadi lebih lancar. Selain itu bawang putih mampu memecah protein dalam tubuh dan mendistribusikannya secara merata ke dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih, caranya cincang lima siung bawang putih hingga halus. Tambahkan perasan tiga buah jeruk nipis dan dua sendok minyak makan zaitun. Masukkan dalam toples, tutup rapat dan simpang selama 12 jam. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut dibagian tubuh yang terdapat varises. Oleskan secara melingkat dan diamkan selama 10 hingga 12 jam atau semalaman. Lakukan secara rutin dua kali sehari selama satu bulan.

Kubis juga bisa digunakan untuk menghilangkan varises. Pasalnya kubis dikenal kaya akan kandungan antioksidan dan fitokimia yang mampu mencegah pembekuan darah. Caranya sangat mudah, haluskan dengan cara diblender tiga lembah kubis yang telah dipotong kecil-kecil dengan air secukupnya. Setelah itu saring dan ambil ekstrak jus kubis. Oleskan di bagian tubuh yang terdapat varises tiga kali sehari.

Varises juga bisa dihilangkan dengan biji tomat yang diketahui mengandung asam salisilat. Zat ini berfungsi sebagai antioagulan yang mampu mencegah pembekuan darah. Fungsi yang sama dengan obat aspirin. Asam salisitat juga bermanfaat memperlancar aliran darah.

Caranya, potong dua buah tomat menjadi potongan kecil. Blender potongan tomat tersebut termasuk bijinya dengan air secukupnya. Oleskan jus tomat itu pada bagian kulit yang terdapat varises setidaknya tiga atau empat kali sehari. Lakukan selama dua bulan.

Minyak zaitun juga mampu menghilangkan varises. Pasalnya minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi dan menyejukkan. Selain itu minyak yang juga bernama olive oil ini bisa diserap tubuh dengan mudah melalui kulit. Hal ini akan bantu mengurangi pembesaran pembuluh darah serta mengaktifkan aliran darah. Minyak zaitun juga kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat memperlancar aliran darah pada pembuluh vena.

Caranya, panaskan minyak zaitun beberapa saat. Setelah itu biarkan menjadi hangat dan oleskan pada bagian tubuh yang terdapat varises. Biarkan selama beberapa menit dan lakukan dua kali sehari selama setidaknya dua bulan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF