Tumbuhkan Kembali Rambut Botak dengan Telur, Bawang Merah, Lidah Buaya, dan Minyak Kelapa
berita
Sumberfoto: istimewa
15 June 2021 16:40
Watyutink.com – Rambut adalah bagian tubuh yang sangat berharga. Fungsinya untuk melindungi kepala dari sengatan sinar matahari. Selain itu rambut juga menjadi sarana untuk menjaga penampilan. Orang dengan rambut yang indah dan lebat tentu akan terlihat lebih menarik dibanding yang rambutnya rusak. Begitu penting fungsinya, sampai-sampai ada pepatah yang mengatakan ‘Rambut adalah mahkota.’

Itulah sebabnya kesehatan rambut sangat penting dan harus selalu dijaga. Salah satu ‘penyakit’ rambut yang paling dihindari adalah kerontokan. Pasalnya jika dibiarkan dan tidak segera ditangani, kerontokan rambut bisa menimbulkan kebotakan. Itulah sebabnya semua orang berusaha sebisa mungkin menjaga kesehatan rambut dan mencegah rontok apalagi botak.

Namun bagaimana jika sudah terlanjur botak. Beberapa orang menggunakan obat-obatan, shampo dan kosmetika untuk menumbuhkan kembali rambut yang sudah terlanjur botak. Padahal sejatinya menumbuhkan kembali rambut botak bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah didapatkan.

Tahukah Anda, bahan alami apa yang bisa menumbuhkan kembali rambut botak?

Kerontokan rambut sejatinya hal yang lumrah, terlebih seiring dengan bertambahnya usia. Rambut akan mengalami kerontokan 50 hingga 100 helai per hari dan nantinya akan digantikan rambut baru. Proses tumbuhnya rambut diawali dengan tahapan anagen atau pertumbuhan selama dua hingga enam tahun. Selanjutnya rambut akan rontok dan tubuh kembali dalam dua hingga tiga bulan. Tahap ini disebuet telogen. Sebelum rontok, rambut akan mengalami masa transisi selama dua hingga tiga pekan yang dikenal dengan tahap katagen.

Jika rontok dalam jumlah 50 hingga 100 helai dan berlangsung dalam waktu dan fase tersebut, kondisi rambut bisa dikatakan normal. Namun jika rontok dalam jumlah yang lebih banyak dan masa tumbuh kembalinya lebih lama, hal itu menjadi pertanda rambut mengalami masalah. Jika siklus pertumbuhan terganggu, rambut akan rontok dan berujung pada kebotakan.

Banyak hal yang bisa memicu rambut rontok dan botak. Penggunaan kosmetik yang salah, pola makan yang tidak sehat, dan penggunaan obat tertentu, seperti kemoterapi. Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab rambut rontok dan botak.

Pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar dalam akun instagramnya menyebut salah satu caranya dengan memanfaatkan bahan alami, seperti air kelapa muda, pisang, dan kurma. Air kelapa diketahui mengandung kinetin yang mampu membuang radikal bebas, penyebab kerontokan rambut. Sedangkan pisang kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk rambut. Nutrisi tersebut adalah energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfot, dan zat besi. Pisang juga kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin A, B1, dan C.

Sementara kurma kaya akan kandungan asam folat dan zat besi. Demikian pula madu yang kaya akan kandungan asam amino. Jika dicampur dengan habbatusauda pasti akan menghasilkan manfaat yang luar biasa. Terlebih habbatusaudah dikenal sebagai obat segala macam penyakit.

Untuk mendapat manfaatnya, caranya cukup mudah siapkan sebutir kepala muda. Serut dagingnya dan blender bersama air kelapa muda. Tambahkan pisang satu buah, kurma tujuh butir yang telah dibuang bijinya. Campurkan pula satu sendok makan madu dan habbatusaudah secukupnya. Minum jus tersebut secara rutin sebelum makan. Kesehatan rambut akan terjaga, tumbuh lebat dan terhindar dari kerontokan serta kebotakan.

Kebotakan juga bisa diatasi dengan telur ayam. Pasalnya bahan pangan dari unggas ini sangat bermanfaat menumbuhkan rambut botak secara alami. Caranya, ambil satu butir telur, kocok bersama 1 sendok makan minyak zaitun. Setelah tercampur dengan sempurna, oleskan pada kulit kepala yang botak atau mengalami penipisan rambut. Biarkan selama sekitar 20 menit. Setelah ini bilas dan bersihkan dengan air dan sampo. Lalu bersihkan rambut dan biarkan kering. Lakukan secara rutin, dua kali sepekan.

Bawang merah juga berguna menumbuhkan rambut botak. Pasalnya bawang merah mengandung sulfur yang mampu menstimulasi rambut dan menumbuhkannya secara alami. Selain itu bawang merah juga memiliki anti-bakteri yang membantu mengobati kebotakan. Cara menumbuhkan rambut menggunakan bawang merah sangat mudah. Haluskan 1 siung bawang merah dan usapkan di daerah kebotakan secara teratur. Jika dilakukan secara rutin bisa merangsang pertumbuhan rambut secara alami.

Lidah buaya juga digunakan untuk mengatasi masalah rambut botak. Selain dapat melembapkan kulit kepala, lidah buaya juga berguna membuka kembali folikel rambut yang tersumbat oleh minyak berlebih. Lidah buaya juga dianggap ampuh melawan ketombe yang membandel. Untuk mendapatkan manfaatnya, iris lidah buaya sampai terlihat lapisa yang mirip gel. Oleskan gel itu ke kulit kepala yang botak secara rutin.

Minyak kelapa juga dipercaya dapat mengatasi rambut botak. Hal ini lantaran minyak kelapa mengandung asam lemak baik yang bisa menembus ke batang rambut. Caranya, oleskan minyak kelapa ke kulit kepala, sebelum dan sesudah keramas. Jika rambut cenderung berminyak, oleskan pula minyak kelapa sebelum tidur.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF