Tujuh Bumbu Dapur Yang Dapat Mengobati Luka
berita

11 July 2019 09:00
Watyutink.com - Luka karena terkena benda tajam adalah hal yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kamu mengiris bawang ternyata jarimu terkena pisau lalu berdarah. Parah atau tidaknya suatu luka menjadi hal yang perlu diperhatikan sebelum mengobatinya. Tentunya langkah pertama yang dapat kamu lakukan pada luka kecil adalah mencucinya agar terhindari dari infeksi, kemudian mencari obat.

Tahukah Anda, bumbu dapur dapat digunakan sebagai obat luka?

Jika lukamu hanya luka kecil dan tidak memerlukan penanganan dokter lebih jauh, maka tujuh bumbu dapur ini dapat kamu gunakan sebagai obat andalanmu.

Bawang Putih

Berkhasiat sebagai antibiotik alami, menguatkan jantung, mengurangi kadar kolesterol, dan menghambat kanker. Untuk luka, dapat digunakan secara langsung. Ambil satu siung bawang putih, lalu kupas dan belah. Bagian yang dipotong oleskan ke luka. Memang pada awalnya akan terasa sangat pedih, namun itu hanya sebentar dan kabar baiknya lukamu akan cepat mengering karena antibiotik yang terdapat dalam bawang putih.

Cabai Merah

Tak hanya untuk menambah nafsu makan, cabai merah juga dapat digunakan sebagai obat luka. Meskipun pada awalnya akan terasa sangat pedih namun kandungan yang terdapat pada cabai merah akan membantu darah cepat membeku dengan mengerutkan pembuluh darah sehingga luka dapat menutup dengan cepat. Cabai merah yang digunakan adalah bubuk cabai merah atau cabai yang telah dihaluskan, pastikan bijinya tidak ada.

Bubuk Kopi Hitam

Bubuk kopi dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan. Tentu bubuk kopi yang digunakan adalah bubuk kopi yang belum dicampur dengan bahan lainnya seperti gula dan crimer. Kandungan astiringent yang terdapat dalam kopi akan membantu pembekuan darah dan menutup luka.

Kunyit

Tak jauh berbeda dengan bahan lainnya, kunyit dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan luka berdarah. Caranya cukup dengan mengoleskan kunyit pada luka atau menaburkan bubuk kunyit/kunyit yang dihaluskan pada luka anda.

Es Batu

Tak hanya bisa digunakan sebagai penikmat minuman dan untuk kecantikan, ternyata es batu dapat mengentikan luka berdarah. Caranya dengan menempelkan es pada luka, tunggu sampai darah berhenti mengalir. Efek es batu akan membantu mempercepat darah berhenti mengalir.

Asam Jawa

Khasiatnya tak lagi diragukan, asam Jawa memang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti penurun panas, sariawan, menghilangkan nyeri haid dan obat cacing. Selain itu, asam Jawa juga dapat digunakan untuk obat pertolongan pertama pada luka. Cukup oleskan pada luka maka akan membantu mempercepat pembekuan darah pada luka dan membantu luka cepat mengering.

Garam

Garam adalah bahan dapur yang hampir tidak pernah tidak ada. Selain murah dan mudah ditemukan garam adalah obat luka yang ampuh. Jika tanganmu terluka sampai berdarah atau bahkan luka lepuh dan lecet, kamu dapat menggunakan garam sebagai obatmu. Caranya dapat dengan mengoleskan langsung pada luka atau merendam luka pada air garam yang hangat kuku.

Tujuh bumbu dapur diatas mungkin bukan bahan yang susah ditemukan di sekitamu. Karena itu, jika ada luka pada tubuhmu atau keluarga jangan panik dan ragu jika tidak ada obat, dapat menggunakan tujuh bumbu dapaur diatas sebagai pilihan, tapi jangan langsung gunakan semuanya, cukup pilih salah satu saja. Selain murah, mudah dijangkau, tujuh bumbu dapur diatas dijamin halal dan alami, sehingga membantu mempercepat penyembuhan luka.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Teguh Santoso, S.E., M.Sc.

Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad, Peneliti Center for Economics and Development Studies

Salamudin Daeng

Anggota Institute Sukarno for Leadership Universitas Bung Karno (UBK)

FOLLOW US

Banyak Hal Harus Dibenahi dengan kebijakan Strategis dan Tepat             Pertumbuhan Konsumsi Berpotensi Tertahan             Amat Dibutuhkan, Kebijakan Pertanian yang Berpihak pada Petani!             Perekonomian Dunia Masih Dihantui Ketegangan dan Ketidakpastian             Revisi Aturan-aturan yang Tidak Pro Kepada Nelayan!             Kebijakan KKP yang Baru Harus Didukung             Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS