Tips Turunkan Berat Badan Saat Berpuasa
berita
Sumber Foto : futuready.com
20 May 2019 16:55
Watyutink.com - Sebagian masyarakat memanfaatkan momen bulan puasa Ramadhan untuk menurunkan berat badan atau diet. Saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan cairan dari fajar hingga terbenamnya matahari. Pola makan yang berubah dianggap dapat menurunkan berat badan.
 
Tahukan anda, cara menurunkan berat badan selama berpuasa?

Idealnya dengan berpuasa dapat menurunkan berat badan. Namun, pada kenyataannya tidak sedikit yang merasa berat badannya naik selama berpuasa. Salah pola makan disinyalir menjadi salah satu penyebab naiknya berat badan.

Berbuka dan sahur merupakan kesempatan tubuh mendapatkan asupan makanan dan cairan. Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein lebih baik dibandingkan dengan makanan tinggi kalori. Makanan yang mengandung serat dan protein akan diserap dan dicerna oleh tubuh lebih lama. Hal ini menyebabkan tubuh merasa kenyang lebih lama. 
 
Membatasi makanan dan minuman yang manis. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, justru akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Hal ini dikarenakan, ketika berpuasa produksi insulin menurun, sehingga gula tidak dapat dirubah menjadi energi. Lebih baik memilih makanan yang mengandung karbohidrat komplek seperti buah, sayur, dan nasi merah.

Menghindari makanan yang digoreng saat berbuka dan sahur. Makanan yang digoreng kaya akan lemak jahat (lemak jenuh). Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dapat menggantinya dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti kacang-kacangan atau ikan. lebih baik mengkonsumsi makanan yang direbus atau dikukus.

Selain asupan makanan, asupan cairan tubuh juga wajib diperhatikan. Minum air putih setidaknya 8 – 12 gelas per hari. Cairan tubuh yang tercukupi meningkatkan kerja metabolisme tubuh, sehingga kalori dan lemak yang terbakar semakin banyak.  Kekurangan cairan membuat tubuh menjadi dehidrasi. 

Berolah raga selama berpuasa dapat memicu pembakaran lemak. Ketika berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan glukosa, maka tubuh akan mencari sumber energi lainnya, yaitu cadangan lemak untuk diolah. Pastikan jenis olah raga yang dipilih tidak menyebabkan puasa batal. (zaki)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Salamudin Daeng

Anggota Institute Sukarno for Leadership Universitas Bung Karno (UBK)

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir