Tips Mudik Nyaman Bersama Bayi/Balita
berita
Sumber Foto : mybaby.co.id
24 May 2019 15:20
Watyutink.com - Mudik merupakan tradisi rutin bagi umat muslim untuk merayakan lebaran bersama keluarga. Bagi yang masih single, mudik dirasa tidak merepotkan. Lain halnya dengan ibu yang memiliki bayi atau balita.

Tahukah Anda, tips mudik nyaman bersama bayi/balita?

Sebelum mudik, alangkah baiknya untuk tidak menunda packing. Mempersiapkan barang bawaan si kecil jauh-jauh hari dapat memberikan waktu luang untuk melengkapi barang yang mungkin kurang atau habis. Posisikan barang sesuai prioritas, sehingga barang yang sewaktu-waktu dibutuhkan saat perjalanan mudah dijangkau, seperti minyak telon, kresek, mainan, atau botol susu.

Jika menempuh perjalanan jauh, pastikan kondisi si kecil dalam keadaan sehat. Konsultasikan kondisi si kecil kedokter anak agar dilakukan pengecekan. Mintalah multivitamin dan obat-obat penting yang dibutuhkan si kecil selama perjalanan.

Mengamati dan membuat jadwal kebiasaan si kecil, seperti jadwal tidur atau jadwal makan. Selain itu wajib membawa mainan yang disukai si kecil. Hal ini berguna untuk mengantisipasi agar si kecil tidak rewel sepanjang jalan. 

Pastikan kebutuhan ASI dan makanan kesukaan si kecil terpenuhi. Jika si kecil masih minum ASI, hindari penggunaan dot, botol, atau empeng. Lebih baik menyusui langsung karena lebih higienis, praktis, dan aman karena tidak terpapar kuman. Jika si kecil masuk MPASI, hindari memberi makan camilan berat kepada si kecil, karena kondisi kekenyangan membuat perutnya kurang nyaman dan meningkatkan hasrat ingin buang air. Berikan camilan si kecil secara berkala, dan jangan selalu mengartikan rewelnya si kecil sebagai lapar.

Jika mudik menggunakan kendaraan umum, jangan segan memesan kursi ekstra demi kenyaman si kecil. Ruang yang sempit membuat si kecil tidak nyaman dan mudah rewel. Selain itu, ruang ekstra ini dapat digunakan untuk mengganti popok, meletakkan barang, atau meletakkan si kecil sejenak agar ibu bisa meregangkan otot. 

Jika mudik menggunakan kendaran pribadi, pasanglah carseat untuk memudahkan si kecil beristirahat. Pasanglah carseat di jok belakang agar lebih nyaman dan tidak terpapar cahaya. Selain nyaman untuk si kecil, juga nyaman untuk si ibu karena tidak perlu menggendong si kecil di pangkuannya. 

Pilihlah jadwal keberangkatan pada sore atau malam hari. Cahaya yang redup lebih nyaman untuk si kecil beristirahat. Namun, pastikan sopir dalam keadaan fit. Membawa kopi bisa menjadi alternatif pilihan untuk membuat sopir tidak mengantuk.

Hal yang tidak kalah penting adalah latihlah si kecil untuk terbiasa melakukan perjalanan. Untuk awalan bisa dengan jarak pendek. Untuk yang mudik dengan kendaraan umum, dimaksudkan agar si kecil terbiasa dengan suasana dan keramaian kendaraan umum. Latihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kenyamanan si kecil sehingga tidak mudah rewel. (zaki)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir             Banyak Hal Harus Dibenahi dengan kebijakan Strategis dan Tepat             Pertumbuhan Konsumsi Berpotensi Tertahan             Amat Dibutuhkan, Kebijakan Pertanian yang Berpihak pada Petani!