Tips Mudah Basmi Semut Dalam Rumah
berita
Sumber Foto : tribunnews.com
21 October 2019 14:30
Watyutink.com – Semut merupakan serangga yang sering terlihat di area dapur. Semut termasuk serangga yang menganggu karena suka mengrubungi makanan atau minuman manis yang tidak ditutup dengan rapat. Kehadiran semut dalam rumah ditandai dengan adanya gundukan seperti pasir di lantai atau kayu yang lapuk. Kebanyakan pengguni rumah kewalahan mengusir semut mengingat jumlahnya yang banyak serta bentuknya yang kecil.

Tahukah Anda tips mudah untuk mengusir semut yang bandel di rumah?

Kurangi kelembaban

Hal yang menarik semut untuk datang kerumah tidak hanya sebatas masalah makanan, namun juga masalah air. Saat musim kemarau datang, tidak heran jika semut banyak ditemukan di dalam rumah. Untuk mengatasinya, yaitu mengurangi kelembaban di dalam rumah. Caranya menyalakan kipas exhaust terutama di kamar mandi dan dapur.

Baca Juga

Pastikan rumah selalu bersih

Membersihkan rumah tidak hanya mampu meghilangkan kotoran, namun juga mampu mengurangi kehadiran semut. Membersihkan rumah mampu menghilangkan jejak feromon yang ditinggalkan oleh semut. Menurut Pakar Serangga Eric Sebring, ketika semut menemukan sumber makanan baru, ia akan mengumpulkannya sedikit dan mengikuti jejak feromonnya untuk bisa kembali ke sarangnya. Koloninya pun akan mengikuti dan mengambil lebih banyak lagi.

Siapkan racikan semprotan

Semut meninggalkan feromon di jalan yang mereka lalui dan  dengan cepat diikuti oleh koloninya. Untuk menghilangkan jejak feromonya, Anda dapat semprotkan campuran air dan cuka atau jeruk lemon di sekitar area ditemukannya semut. Semut tidak menyukai aroma asam.

Gunakan bedak bayi

Menaburkan bedak bayi di area yang sering dilintasi semut ampuh membuat semut tidak datang lagi. Bedak bayi dipercaya ampuh menghilangkan jejak feromon yang ditinggalkan oleh semut.

(GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah