Tips Cegah Kecanduan Gadget pada Anak
berita
Sumber Foto : merdeka.com
18 October 2019 14:05
Watyutink.com – Saat ini hampir semua orang memiliki gadget, bahkan anak-anak sekalipun. Mencegah kecanduan gadget pada anak menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Pasalnya kecanduan gadget bisa menjadi masalah mental yang serius. Tak khayal banyak anak-anak kecanduan gadget harus berakhir dalam perawatan intensif di rumah sakit jiwa.

Tahukah Anda tips untuk mencegah kecanduan gadget pada anak?

Ciptakan quality time bersama anak

Baca Juga

Berinteraksi pasif dengan gadjet terbukti kurang menguntungkan bagi perkembangan sosial-emosional pada anak dibandingkan dengan berinteraksi aktual dengan orang tua. Semakin banyak waktu bermakna yang dihabiskan bersama, semakin kecil waktu anak berkutat dengan gadjet. Hal ini otomatis akan menciptakan ikatan yang lebih erat antara anak dan orang tua. Ada banyak hal yang bisa dilakukan bersama, seperti membaca buku bersama, masak bersama, mengobrol, hingga berlibur bersama.

Batasi penggunaan gadjet pada anak

Meniadakan sama sekali interaksi anak dengan gadget sulit untuk dilakukan mengingat saat ini banyak sekolah yang mulai mengadaptasi teknologi sebagai bagian dari strategi pengajaran. Tak jarang penugasan menggunakan teknologi dan menuntut kehadiran internet. Untuk itu, orang tua harus menerapkan batasan penggunaan gadget yang tepat dan bijaksana baik dari segi waktu maupun penggunaan aplikasi.

Tarik perhatian anak dengan melakukan hal lain

Anak biasanya mudah tertarik dengan sesuatu. Mencegah kecanduan gadget pada anak dapat dilakukan dengan menawarkan suatu kegiatan untuk mengisi waktu santainya, seperti olahraga, les kegiatan seni, les musik, ataupun yang lainnya. Memiliki jadwal kegiatan yang rutin membuat anak tidak terlalu aktif dengan gadget. Disisi lain dapat merangsang kreativitas mereka.

(GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah