Tidak Hanya Cantik, Ternyata Bunga-bunga Ini Bisa Dimakan, Lho
berita
Sumber Foto : merdeka.com
17 October 2019 15:00
Watyutink.com – Tanaman bunga biasanya digunakan untuk memperindah pekarangan. Lebih luasnya lagi, tanaman bunga berfungsi sebagai penghasil oksigen, menyerap polutan di udara sekitar rumah, serta warnanya yang beraneka macam ampuh mengurangi stress. Tidak hanya itu, beberapa jenis bunga ternyata dapat dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tahukah Anda bunga apa saja yang dapat dikonsumsi dan meningkatkan kesehatan tubuh?

Bunga Sepatu

Bunga sepatu dikenal sebagai bunga yang ampuh untuk menyuburkan rambut. Ternyata bunga ini mengandung tinggi vitamin C serta mineral yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu kandungan Anthocyanin dan antioksidan dalam bunga ini dipercaya mampu mengontrol tekanan darah serta kadar kolesterol dalam darah.

Bunga Labu

Bunga labu sering luput dari perhatian masyarakat karena dianggap tidak dapat dikonsumsi. Ternyata bunga ini kaya akan vitamin C dan kalium yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan pencernaan, fungsi otot, serta jantung. Pastikan untuk menghilangkan benang sarinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Baca Juga

Bunga Melati

Bunga melati terkenal sebagai penambah aroma sedap pada teh. Bunga melati memilili sifat antibakteri dan antioksidan yang ampuh membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu bunga ini mengandung senyawa seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alcohol benzilic, serta jasmon yang berfungsi mengurangi peradangan pada usus dan ginjal, menurunkan kolesterol, menyeimbangkan gula darah, serta mampu menurunkan berat badan.

Bunga Rosemarry

Bunga rosemary sering digunakan sebagai garnish pada makanan. Siapa sangka ternyata bunga ini kaya akan vitamin A, B, dan C. Selain itu, bunga ini mengandung zinc yang melimpah. Kandungan ini dipercaya ampuh membantu memelihara kesehatan mata, melancarkan sirkulasi darah, serta menguatkan tulang dan gigi.

Bunga Matahari

Bagian bunga matahari yang sering konsumsi adalah bijinya yang biasa disebut kuaci. Ternyata, kelopak bunga matahari yang masih muda dapat dikonsumsi karena kaya akan quercimeritrin, helianthoside (A,B,C), oleanolic acid, dan echinocystic acid. Kandungan ini dipercaya mampu mengobati tekanan darah tinggi, mengatasi sakit kepala, sakit gigi, nyeri menstruasi, nyeri lambung, radang payudara, serta rematik.

Bunga Lily

Bunga yang didominasi warna putih ini kaya akan pati, lemak, protein, flavonoid, karotenoid, sapion, colchinices, dan polisakarida. Kandungan pada bunga lily dipercaya mampu menghilangkan jerawat, mencegah pertumbuhan sel kanker, menstabilkan kadar kolesterol, mengobati batuk, amandel, gangguan lambung, serta mampu melembabkan kulit.

(GD

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas             Ironi yang Tak Pantas Dibiarkan Berulang             Pemerintah Harus Tunjukan Penggunaan Utang  Secara Produktif