Tertawalah Agar Jantung dan Paru-paru Jadi Lebih Sehat
berita

23 April 2019 17:00
Watyutink.com – Anda pasti pernah mendengar slogan “tertawalah sebelum tertawa dilarang.” Slogan yang dipopulerkan grup komedi Warkop DKI, Dono Kasino Indro ini mengajak kita selalu tertawa. Pasalnya selain membuat hati gembira, tertawa ternyata juga menyehatkan. Para ahli menyebut tertawa memiliki efek positif pada jiwa dan fisik seseorang.

Tahukah, Anda mengapa tertawa bisa menyehatkan tubuh manusia?

Para ahli mengatakan saat tertawa, tubuh seseorang melepaskan neurontransmitter, senyawa organik endogenus yang membawa sinyal di antara neuron atau bagian dari sistem saraf. Selain itu tertawa dapat melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang menjadi penyebab stres.  

Pelepasan neurontransmitter dan hormon endogenus diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah. Itulah sebabnya tertawa diyakini dapat menyehatkan jantung dan mencegah stroke. Tertawa adalah latihan jantung yang sangat baik, terutama bagi mereka yang tidak mampu melakukan aktivitas fisik. Terlebih tertawa membuat jantung dapat memompa dan membakat kalori dalam jumlah yang sama dengan saat berjalan dalam kecepatan sedang.

Para ahli menemukan bukti bahwa seseorang yang sering tertawa memiliki risiko penyakit jantung 40 persen lebih rendah dibandingkan orang yang sering murung.

Selain itu tertawa juga mampu menguatkan otot perut. Pasalnya saat tertawa otot perut akan mengembang dan berkontraksi. Selain itu otot wajah, kaki, dan punggung pun akan ikut bergerak. Paru-paru pun akan lebih berkembang saat seseorang tertawa, akibatnya bernapas pun menjadi lebih mudah.  

Tertawa juga mampu meningkatkan sel-T, yaitu sel yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Saat tertawa, tubuh akan mengaktifkan sel-T yang berakibat sistem kekebalan tubuh akan bekerja melawan serangan penyakit.  

Selain itu tertawa juga bisa memicu pelepasan endofin yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami. Itulah sebabnya tertawa  bisa membantu meringankan sakit kronis dan membuat tubuh merasa lebih baik.

Dampak positif lain dari tertawa adalah memberi dorongan bagi sistem kardiovaskular tubuh. Pembuluh darah lancar karena tertawa menyebabkan darah lancar mengalir. Tertawa juga menyeimbangkan otak kanan dan kiri saat menanggapi sebuah lelucon.

Tertawa juga dapat meningkatkan kenyamanan tubuh. Para ahli kesehatan menemukan bahwa orang yang memiliki pandangan positif terhadap kehidupan cenderung memiliki kondisi tubuh yang lebih baik dibandingkan orang yang memiliki pandangan negatif.

Jadi tersenyum dan tertawalah, agar hidup lebih sehat.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan