Teh Jahe, Obat Alami Pereda Stres dan Cemas
berita

22 April 2019 09:15
Watyutink.com - Kecemasan memang sesuatu reaksi normal dalam kehidupan. Gejala ini bisa terjadi karena faktor berbagai faktor,  yaitu mungkin karena pekerjaan, keadaan keluarga (broken home) bahkan bisa karena keadaan lingkungan sekitar. Namun, jika tingkat kecemasan melampaui batas normal, maka akan berubah menjadi kondisi yang lebih serius dan akhirnya berujung pada gangguan mental (stres).

Sebenarnya, gejala kecemasan tidak terbatas pada otak saja, tetapi dapat mengalami gejala di fisik juga. Seperti sakit kepala, mual, muntah dan sakit perut. Jika dibiarkan tanpa pengawasan, kecemasan itu bisa berbahaya bagi kesehatan psikologi Anda.

Tahukah Anda, jahe adalah salah satu obat alami untuk mengobati kecemasan?

Ya, salah satu obat alami untuk mengurangi rasa cemas adalah jahe. Jahe merupakan tanaman yang efektif untuk menghilangkan stres dan tekanan. Jahe kaya akan kandungan antioksidan dan gingerol. Kandungan dalam jahe itu mampu membersihkan zat kima berbahaya dalam tubuh yang muncul ketika rasa cemas datang.

Jahe juga mengandung berbagai nutrisi, gizi, mineral serta senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Penelitian di Thailand menemukan bahwa manfaat jahe berguna untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Mengkonsumsi jahe secara rutin, baik bagi mereka yang sedang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Cara terbaik untuk mengkonsumsi jahe adalah dibuat menjadi teh jahe. Caranya, Anda cukup mengiris satu buah jahe menjadi beberapa potongan, dan dimasukan ke dalam air.  Selanjutnya, air yang sudah dimasukan jahe didihkan. Kemudian saring airnya dan diminum setelah teh jahe tidak terlalu panas.

Jika Anda ingin memberikan rasa yang lebih variatif dan menyegarkan, Anda bisa menambahkan irisan lemon kedalam teh jahe yang akan diminum. Lemon juga memberikan aroma kesegaran dan memberikan rasa rileksasi kepada pikiran Anda.

Cara yang paling umum menyeduh teh jahe di masyarakat Indonesia adalah dengan mencampurkan teh jahe dengan susu, atau biasa kita sebut dengan susu jahe. Selain membuat sendiri, susu jahe atau teh jahe juga bisa diperoleh dengan membeli di angkringan/hek pinggir jalan.

Jika Anda atau orang terdekat Anda memiliki keluhan sering merasa cemas atau mengalami gejala-gejala depresi, Anda bisa mencoba membuat teh jahe untuk membantu mereka mengurangi rasa cemas dan depresi yang dialami. (lien)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?