Tanaman Randu Tidak Hanya untuk Membuat Kasur, Bisa Sembuhkan Diare, Panas Dalam, Sembelit dan Bau Mulut
berita
Tanaman Randu
17 September 2020 16:15
Watyutink.com – Pohon randu sudah banyak dikenal orang. Tapi tanaman ini lebih dikenal lantaran bisa menghasilkan kapuk yang sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuat bantal dan kasur atau tempat tidur. Tidak banyak yang mengetahui pohon randu juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut berasal dari daun randu yang diketahui mengandung banyak senyawa atau zat yang berguna untuk menjaga kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun randu bagi kesehatan?

Pohon randu yang memiliki nama latin Ceiba Pentandra diketahui berasal dari Benua Amerika dan wilayah Karibia. Tanaman randu juga sering disebut sebagai pohon kapuk lantaran menghasilkan buah yang diolah menjadi kapuk. Sebagian orang juga menyebutnya kapas Jawa karena kapuk yang dihasilkannya mirip dengan kapas.

Ternyata bagian pohon randu yang bisa diolah bukan hanya buahnya. Pasalnya daun randu juga kerap dimanfaatkan sebagai obat. Pasalnya daun randu  diketahui mengandung beragam senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Senyawa tersebut antara lain flavonoid, dammar, hidrat, saponin, tanin, dan samak.

Itulah sebabnya daun randu bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya sebagai obat diare. Pasalnya daun randu memiliki fungsi sebagai diuretik yang berguna mengatasi masalah pencernaan, salah satunya diare. Caranya ambil beberapa lembar daun randu, cuci sampai bersih. Rebus dengan air secukupnya, setelah mendidih angkat dan saring. Minum air rebusan tersebut saat menjadi hangat.

Daun randu juga berguna sebagai obat panas dalam. Kandungan senyawa dalam daun randu diyakini mampu menyembuhkan penyakit panas dalam. Caranya, ambil beberapa lembar daun randu, cuci hingga bersih lalu blender dengan air secukupnya sampai halus. Masukkan ramuan daun tersebut dalam kain lalu peras. Minum air perasan daun randu tersebut secara rutin sampai panas dalamnya sembuh.

Daun randu juga bisa menjadi obat batuk dan masalah tenggorokan lainnya. Pasalnya senyawa dalam daun randu mampu mengencerkan dahak dan mengeluarkannya dari tenggorokan. Sehingga batuk bisa reda. Caranya hampir sama dengan pengobatan untuk panas dalam.

Daun randu juga bisa mengobati wasir atau ambeien. Kadungan senyawa dalam daun randu bemanfaat mencegah tubuh terkena sembelit atau susah buang air besar. Selain itu daun randu juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Hal ini membuat seseorang tidak perlu mengejan atau ngeden saat buang air besar sehingga terhindar dari wasir.

Caranya, rebus beberapa lembar daun randu. Setelah mendidih angkat dan saring. Biarkan sampai hangat dan minum. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa.

Air rebusan daun randu juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mulut. Gangguan mulut, seperti bau, sariawan, dan sebagainya bisa diusir dengan rutin berkumur menggunakan air rebusan daun randu. Pasalnya air rebusan daun randu mampu membunuh bakteri atau kumar yang bersarang di dalam mulut.

Daun randu juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Caranya cukup dengan menggosokkan daun randu ke kulit saat mandi. Daun randu digunakan tak ubahnya sabun. Gosok hingga keluar sedikit busa dan lendir dari daun randu. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Cara tersebut juga berguna mencegah kulit dari penuaan dini. Cara tersebut juga berguna untuk menghilangkan bekas luka di kulit.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF