Tak Perlu Panik Saat Kehabisan Hand Sanitizer, Cobalah Buat Cairan Pencuci Tangan Sendiri
berita

03 March 2020 16:50
Watyutink.com – Sejak merebaknya penularan virus corona, beberapa produk kesehatan menjadi buruan masyarakat. Terlebih sejak pemerintah menyatakan dua orang warga negara Indonesia (WNI) positif tertular virus penyakit asal Wuhan, China itu. Akibatnya stok barang-barang tersebut mendadak habis. Selain masker, hand sanitizer juga menjadi barang yang tiba-tiba sangat langka.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyarankan masyarakat semakin rajin menjaga kebersihan, termasuk mencuci tangan. Hal ini untuk mencegah penularan berbagai jenis bakteri dan virus, termasuk corona. Hand sanitizer atau cairan pencuci tangan menjadi pilihan lantaran dirasa lebih praktis jika dibandingkan sabun.

Saat hand sanitizer mendadak hilang dari pasaran, masyarakat pun panik. Sebenarnya kita bisa membuat sendiri hand sanitizer menggunakan bahan alami yang mudah ditemui.

Tahukah Anda, bahan apa saja yang bisa diolah menjadi hand sanitizer dan bagaima caranya?

Para ahli kesehatan herbal menyatakan beberapa bahan disekitar kita bisa diolah menjadi bahan pencuci tangan. Khasiatnya pun cukup ampuh tak kalah dengan hand sanitizer pabrikan. Selain itu hand sanitizer alami dirasa lebih aman lantaran bebas dari kandungan bahan kimia.

Bahan alami yang bisa diolah menjadi hand sanitizer antara lain adalah bunga lavender. Penelitian yang dilakukan para ahli membuktikan minyak esensial lavender memiliki zat antibakteri dan antijamur alami. Itulah sebabnya bunga lavender bisa menjadi bahan pembersih tangan yang cukup ampuh. Selain aman bagi kulit sensitif, aroma bungan lavender juga bisa memberikan efek tenang dan rileks.

Minyak pohon teh atau  tea tree oil juga bisa diolah menjadi cairan pembersih tangan. Minyak esensial pohon tek dikenal sangat kaya akan kandungan antibakteri dan antimikrobial alami. Bahkan di masa lampau berabad-abad lalu, minyak esensial pohon teh sudah digunakan untuk menangkal berbagai jenis virus, bakteri, dan kuman penyakit.  

Kayu manis adalah bahan berikutnya yang bisa digunakan untuk hand sanitizer alami. Kayu manis selama ini dikenal sebagai bumbu dapar dan bahan membuat aneka masakan. Ternyata minyak esensial kayu manis juga bersifat antibakeri dan antimikrobial. Itulah sebabnya kayu manis sangat efektif mengusir kuman dan virus penyebab penyakit.

Minyak esensial buah jenuk juga dikenal memiliki fungsi antiseptik dan antioksidan. Itulah sebabnya jeruk juga bisa dijadikan hand sanitizer alami. Selain membersihkan, minyak esensial jeruk juga bisa meregenerasi kulit. Sehingga selain bersih, tangan juga menjadi lebih lembut dan kenyal. Sedangkan antioksidan dalam jeruk bermanfaat untuk memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh.

Berbagai minyak esensial tersebut bisa dengan mudah dibeli di toko-toko obat, apotik atau kecantikan. Selain itu toko parfum dan aromatherapi juga sering menjual minyak esensial.

Untuk membuat hand sanitizer alami caranya tidak sulit. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, antara lain, alkohol 70 persen, minyak esensial, dan gel lidah buaya yang  juga bisa dibeli di apotek atau toko kecantikan. Ambil 160 mililiter (ml) alkohol 70 persen, masing-masing 10 tetes minyak esensial sesuai bahan yang ingin digunakan, bisa pohon teh, bunga lavender, kayu manis, atau jeruk. Tambahkan tiga sendok makan gel lidah buaya.

Campur semua bahan tersebut dalam mangkuk kecil, aduk sampai rata. Bisa juga ditambahkan minyak vitamin E. Setelah tercampur pindahkan ke botol kecil atau spray menggunakan pipet. Kocok sebelum digunakan dan hand sanitizer alami pun siap digunakan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)