Tahu Gejrot, Makanan yang Sehatkan Jantung, Tulang, dan Ginjal
berita
Sumber Foto : foodkitchen.info
29 June 2019 15:10
Watyutink.com – Selama ini kita mengenal tahu gejrot sebagai makanan ringan atau camilan. Makanan khas Cirebon ini dikenal enak dinikmati, terutama bagi penggemar makanan pedas. Cita rasa tahu yang gurih dipadu dengan pedasnya cabai membuat kita tak bisa berhenti memakannya.

Ternyata tahu genjrot bukan hanya enak dimakan. Pasalnya makanan ini juga banyak mengandung manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat tahu gejrot bagi kesehatan manusia?

Manfaat tahu gejrot bagi kesehatan tak lepas dari kandungan berbagai zat di dalamnya. Makanan yang dibuat dengan cara membejek atau mengejrot tahu dalam cobek berisi cabai ini dikenal memilii kandungan vitamin B kompleks, vitamin E, thiamin, riboflavin, kalium, dan kalsium. Salah satu manfaat dari tahu gejrot adalah untuk mencegah penyakit jantung. Seperti diketahui, tahu terbuat dari kedelai yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Hal inilah yang membuat tahu gejrot baik untuk kesehatan jantung.

Tahu gejrot juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Pasalnya tahu mengandung koagulan yang menjadi sumber kalsium. Hal ini menyebabkan tahu dapat melindungi tulang dari berbagai penyakit seperti kelemahan tulang, rheumatoid arthritis dan osteoporosis. Selain itu kandungan isoflavon dalam kedelai juga dapat memperkuat densitas atau kepadatan tulang. Bagi kaum wanita, tahu berguna untuk menangkal penyakit tulang pada perempuan postmenopause.

Tahu gejrot juga baik dikonsumsi penderita gangguan ginjal dan diabetes. Pasalnya tahu diketahui dapat menurunkan kadar protein dalam air seni hingga 10 persen. Protein dalam air seni diketahui menjadi salah satu penyebab kegagalan fungsi ginjal yang bisa memicu diabetes. Namun dalam mengonsumsi tahu gejrot tetap harus dalam jumlah yang terkontrol.

Mengonumsi tahu gejrot juga dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh lebih bugar. Tahu adalah makanan yang kaya akan zat besi. Seperti diketahui zat besi adalah bagian dari hemoglobin yang dapat membantu transportasi dan pelepasan oksigen ke seluruh tubuh. Hal inilah yang membuat tahu gejrot berguna bagi tubuh dalam memproduksi energi.

Bagi Anda yang memiliki masalah berat badan, tidak ada salahnya mencoba tahu gejrot. Pasalnya makanan ini dikenal kaya protein yang dapat membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu sifat tahu gejrot yang rendah kalori menyebabkan tubuh tidak menjadi gemuk.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?