Susah Berhenti Merokok? Cobalah Makanan Sehat Ini!
berita

15 May 2019 08:00
Watyutink.com - Meskipun banyak peringatan akan bahaya merokok atau peringatan “dilarang merokok”, nyatanya masih banyak juga yang merokok dan tidak peduli akan adanya peringatan itu. Bahkan di Indonesia setiap tahunnya jumlah perokok semakin meningkat.

Rokok memang membuat orang kecanduan karena terdapat nikotin yang ada di dalamnya, sehingga banyak perokok aktif yang mengalami kesulitan untuk benar-benar bisa berhenti merokok. Malah banyak perokok beranggapan  bahwa  merokok bisa menghilangkan stres dan membuat mereka tenang.

Tahukah Anda, ada makanan yang bisa menjadi salah satu cara sukses untuk membantu Anda berhenti merokok?

Menurut sebuah penelitian, saat perokok aktif diminta untuk menikmati berbagai makanan dan menilai jenis makanan apa saja yang bisa membuat lidahnya terasa enak dan cocok, ternyata makanan untuk berhenti merokok yang paling banyak dipilih adalah susu dan produk susu. Susu diketahui dapat membantu menghilangkan sensasi pahit di lidah akibat merokok, serta minum susu bisa menjadi alternatif makanan untuk berhenti merokok.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research tahun 2013, makan sayur dan buah dapat memberikan perubahan rasa pada lidah. Sama seperti susu, Anda bisa mencoba mengonsumsi berbagai sayur dan buah, seperti jeruk, pir, apel, atau pisang yang mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan serat. Ketika timbul keinginan merokok, untuk menangkalnya para mantan perokok menyarankan untuk langsung cepat-cepat mengonsumsi buah dan sayur. Orang yang sering mengonsumsi sayur dan buah ternyata lebih mudah terbebas dari jeratan rokok.

Biasanya nafsu makan bagi mantan perokok juga cenderung meningkat, yang dilampiaskan dengan ngemil makanan yang kurang sehat dan berbengaruh pada berat badan. Sebaiknya pilihlah makanan yang kandungan seratnya tinggi, seperti kacang, karena bisa menurunkan berat badan. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Annals of Internal Medicine tahun 2015 mengungkapkan bahwa orang yang makan makanan tinggi seratnya dapat mengalami penurunan berat badan hingga 2,5 kilogram dalam sebulan.

Selain itu, ada juga makanan yang harus dihindari. Pasalnya, ada makanan tertentu yang justru bisa memancing hasrat kembali merokok jadi lebih tinggi. Makanan yang harus Anda hindari adalah kopi, alkohol, dan makanan rendah kalori. Saat Anda mengonsumsi minuman dan makanan ini justru akan menjadi penghambat bagi Anda yang berusaha berhenti merokok, karena kandungan kafeinnya dapat merangsang reseptor di lidah untuk kembali merokok. Sebisa mungkin hindari jenis minuman dan makanan ini supaya usaha Anda untuk berhenti merokok sukses. (lien)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Pajak lebih Besar untuk Investasi Tidak Produktif             Semua Program Pengentasan Kesenjangan Harus dikaji Ulang             Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi