Sudah Jarang Terlihat, Buah Kecapi Ternyata Mampu Cegah Kanker, Diabetes, Penyakit Jantung, Wasir dan Sembelit
berita
Buah Kecapi
08 September 2020 16:08
Watyutink.com – Saat ini buah kecapi sudah jarang dijual di pasar. Pasalnya tanaman kecapi sudah mulai jarang ditanam. Padahal buah kecapai di masa lalu sangat dikenal dan digemari masyarakat. Kayu dari pohon ini dulu digunakan sebagai bahan baku pembuatan alat musik yang bernama kecapi.   

Buah kecapi diketahui kaya akan kandungan nutrisi yang berguna untuk manusia. Itulah sebabnya mengonsumsi buah kecapi diyakini bisa menyebabkan tubuh lebih bugar dan sehat.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah kecapi bagi kesehatan?

Kecapi adalah buah yang bentuknya mirip dengan buah manggis. Namun kecapi memiliki kulit berwarna kuning dengan daging berwarna putih kemerahan. Buah kecapi ukurannya tidak telalu besar, hanya sekitar lima atau enam sentimeter. Rasanya segar cenderung asam.

 

Para ahli menyebut, buah kecapi memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam. Nutrisi tersebut antara lain, kalori, lemak, sodium, potasium, karbohidrat, serat, gula, kalsium, dan zat besi. Selain itu juga terkandung, magnesium, fosfor, selanium, zinc, dan vitamin A. Itulah sebabnya buah yang bernama ilmiah Sandoricum Koetjape ini berguna sebagai obat beberapa penyakit.

Salah satunya sebagai penangkal penyakit kanker. Hal ini lantaran buah kecapi kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat melingungi tubuh dari efek buruk radikal bebas penyebab penyakit kronis, termasuk kanker. Rutin mengonsumsi buah kecapi berguna mengindari risiko serangan kanker.

Kecapi juga mampu melindungi tubuh dari penyakit serangan jantung. Pasalnya buah kecapi berguna menurunkan kadar kolesterol dari tubuh. Selain itu kecapi juga bermanfaat mencegah penyakit diabetes atau kencing manis. Pasalnya kecapi kaya akan kandungan serat dan memliki indeks glikemik rendah. Hal ini menyebabkan proses pencernaan makanan berjalan lambat sehingga penyerapan gula juga bisa dikontrol dan dikurangi.

Buah kecapi juga berguna menjaga kesehatan sistem pecernaan. Pasalnyabuah kecapi kaya akan kandungan serat yang membantu proses pencernaan. Serat mampu menarik air keluar dari usus. Akibatnya fases menjadi lebih lunak. Hal ini membuat tubuh terhindar dari sembelin atau susah buang air besar dan konstipasi. Lantaran memperlancar buang air besar, kecapi juga berguna mencegah penyakit wasir.

Kecapi juga mampu menjaga berat badan tetap ideal. Kandungan serat dalam kecapi membuat perut kenyang lebih lama. Akibatnya, tubuh tidak mudah menjadi lapar dan makan lebih banyak. Itulah sebabnya buah kecapi bermanfaat mencegah penyakit obesitas, stroke, hipertensi, dan gangguan tidur.

Buah kecapi juga mampu menurunkan demam. Selain itu buah kecapi juga bermanfaat meredakan peradangan. Itulah sebabnya mengonsumsi buah kecapi bisa meredakan gangguan tenggorokan yang muncul akibat peradangan.

Buah kecapi juga berguna meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Pasalnya buah kecapi mengandung quercetin, antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Selain itu buah kecapi mengandung flavonoid yang diketahui mampu mencegah dan mengobati kanker.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF