Srikaya, Buah Berbentuk Unik yang Bisa Sehatkan Jantung dan Cegah Kanker
berita

19 September 2019 17:05
Watyutink.com – Siapa yang tidak mengenal buah srikaya. Bentuknya yang khas dan rasanya yang manis membuat semua orang dapat mengingat dan mengenal buah ini. Namun sebagian besar orang tidak menyadari bahwa buah ini memiliki bermancam manfaat bagi kesehatan. Pasalnya srikaya dikenal mengandung beragam vitamin dan zat penting yang berguna bagi kesehatan.

Tahuah Anda, apa saja manfaat buah srikaya bagi kesehatan?

Buah srikaya mempunyai nama latin Anona Squamosa diketahui mengandung beragam nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, serat, potasium, thiamin, riboflavin, magnesium, niacin, tembaga, dan folat. Beragam nutrisi itulah yang membuat srikaya dipercaya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalah kesehatan, salah satunya untuk mengatasi penyakit diabetes. Kandungan serat dalam buah srikaya diyakini dapat mengontrol kadar gula darah.

Bukan hanya buahnya, daun srikaya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit yang juga bernama kencing manis ini. Penelitian yang dilakukan beberapa ahli membuktikan ekstrak daun srikaya memiliki fungsi sebagai antidiabetes.

Buah srikaya juga diyakini dapat menghambat pertumbuhan penyakit kanker. Pasalnya srikaya mengandung senyawa alkaloid dan flavanoid yang mempunyai kegunaan besar dalam mencegah berkembangnya sel kanker.

Senyawa flavonoid yang dimiliki buah srikaya mampu menghambat terjadinya apoptosis atau kematian sel yang memicu terjadinya melanoma  atau kanker kulit.Tanaman srikaya juga mengandung senyawa benzil-tetrahidroisokuinolon ang memiliki sifat sebagai antitumor.

Buah srikaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya buah ini mengandung berberapa mineral, seperti magnesium dan kalium yang baik bagi jantung. Selain itu buah srikaya juga kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C yang ampuh melawan radikal bebas yang bisa memicu beragam penyakit kronis.

Sedangkan kandungan vitamin A dalam buah srikaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, rambut, dan kulit.  

Untuk bisa mendapatkan manfaat buah srikaya, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung. Bisa juga dengan mengolahnya menjadi selai, sirup, atau makanan olahan lainnya. (cp)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas             Ironi yang Tak Pantas Dibiarkan Berulang             Pemerintah Harus Tunjukan Penggunaan Utang  Secara Produktif