Sistem Pencernaan Sehat, Maag dan Asam Lambung Sembuh dengan Rutin Minum Jus Kubis dan Timun
berita
Jus Kubis dan Timun
25 August 2020 16:52
Watyutink.com – Sistem pencernaan adalah gabungan beberapa organ tubuh yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pasalnya sistem pencernaan berfungsi mencerrna makanan dan menyerap nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Selanjutnya organ pencernaan akan mengirim nutrisi kepada darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

Sistem pencernaan terdiri dari sejumlah organ tubuh, mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Ada pula organ hati, pankreas, dan kantung empedu. Meski tidak dilalui makanan, organ-organ tersebut mempunyai peran penting dalam proses pencernaan. Sistem pencernaan akan berjalan dengan baik jika semua organ tersebut juga berfungsi dengan baik.

Salah satu atau sedikit saja organ tersebut terganggu, dipastikan akan membuat pencernaan mengalami masalah. Itulah sebabnya sistem pencernaan harus selalu dijaga kesehatannya. Salah cara menjaga kesehatan organ pencernaan adalah dengan mengonsumsi bahan-bahan alami atau herbal.

Tahukah Anda, apa bahan alami yang berguna untuk menyehatkan pencernaan?

Banyak jenis gangguan pencernaan yang kerap menyerang, diantaranya adalah mual, muntah, perut kembung, sakit perut, diare, sembelit, susah buang air besar, sulit menelan, maag, asam lambung dan sebagainya. Gangguan pencernaan biasanya terjadi lantaran beberapa organ tubuh mengalami masalah, seperti penyakit refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), peradangan di kerongkongan, dinding lambung, atau usus.

Selain itu juga peradangan pada divertikula yang  menimbulkan gejala demam, sakit perut, mual, muntah, sembelit atau diare. Wasir juga menjadi penyebab gangguan pencernaan lantaran membuat fungsi anus terganggu.

Untuk mengatasi gangguan pencernaan sangat dianjurkan menggunakan bahan-bahan alami, terutama yang terdapat pada aneka sayuran, seperti kubis dan timun. Kubis adalan sayuran yang sangat mudah diperoleh. Biasanya kubis diolah menjadi aneka sayur berkuah, seperti sup atau menjadi campuran nasi goreng. Meski tidak mempunyai rasa yang spesial, tanpa kehadiran kubis masakan-masakan tersebut bakal terasa ada yang kurang.

Kubis diketahui kaya akan kandungan nutrisi, seperti kalsium, magnesium, potasium, dan mangan. Selain itu sayur yang juga disebut kol ini juga mengandung vitamin B6 dan C. Kubis juga rendah kandungan kalori. Kubis juga mengandung kadar polifenol dan glucosinolates yang cukup tinggi. Kedua senyawa itulah yang berguna melawan penyakit yang bakal menyerang tubuh. Kubis juga mengandung senyawa antikanker, sulforafan, lupeol, dan sinigrin yang berguna melawan penyakit tumor.

Sedangkan timun memiliki kandungan mineral dan vitamin, seperti kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, C dan K. Sayur yang bernama latin curcumis sativus ini juga memiliki kandungan nutrisi, seperti protein, lemak, karbohidrat dan air.

Kandungan nutrisi tersebut menjadi timun dapat membantu meningkatkan kesehatan manusia. Salah satunya untuk mengobati cacingan pada anak-anak. Hal ini lantaran biji timun juga mengandung alkoloid jenis hipoxanti yang bermanfaat mencegah penyakit cacingan. Selain itu biji timun juga dapat meredakan radang tenggorokan.

Untuk mendapatkan manfaat kubis dan timun bisa dengan memakannya secara langsung. Bisa dengan dijadikan lalapan atau dioleh menjadi berbagai menu makanan. Bisa juga dengan mengolah keduanya menjadi jus. Ambil seperempat sayur kubis dan tiga atau empat timun. Cuci hingga bersih lalu potong kecil-kecil, blender hingga halus. Tambahkan air secukupnya.

Penelitian yang dilakukan para ahli menyebtkan, minum satu liter jus kubis dan timun segar mampu menyembuhkan gangguan tukak lambung penyebab sakit maag. Bahkan jus kubis dan timun diyakini lebih cepat menyembuhkan maag dibanding mengonsumsi obat-obatan kimia.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF