Simpan Dompet di Saku Belakang Celana, Bisa Ganggu Sistem Saraf dan Nyeri Saat Hubungan Intim
berita
Sumber Foto : tribunnews.com
16 November 2019 13:20
Watyutink.com – Menyimpan dompet di saku belakang celana sudah lazim dilakukan. Selain karena mudah, cara menyimpan dompet seperti itu dianggap menambah gaya dan penampilan, terutama kaun pria. Padahal sebetulnya cara menyimpan dompet seperti itu sangat tidak disarankan. Menyimpan dompet di saku belakang celana diyakini menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa dampak buruk kebiasaan menyimpan dompet di saku belakang celana?

Penelitian yang dilakukan para ahli kesehatan dari Buckhurst Hill, Essex, Inggris mengatakan kebiasaan menyimpan dompet di saku belakang berisiko menimbulkan gangguan saraf sciatic di sekitar pantat atau bokong. Saraf sciatic adalah saraf terpanjang dalam tubuh yang terletak di bawah punggung hingga ujung kaki.

Gangguan yang kerap terjadi akibat menyimpan dompet di saku belakang disebut pirifomis syndrome, yakni kondisi ketika otot pririformis menekan saraf sciatic. Akibatnya akan muncul rasa nyeri dipinggang, terutama saat beraktivitas seperti berjalan, berlari, duduk, dan jongkok. Nyeri juga terasa saat bangun dari tempat tidur, saat buang air besar.

Sindrom ini juga dikenal dengan hip pocket syndrome atau wallet neuropathy. Kondisi ini sering kali terjadi tanpa disadari. Tak peduli tabal atau tipis, jika disimpang di saku belakang, dompet akan mengganjal posisi duduk. Ketidak seimbangan posisi duduk akan membuat tubuh memaksakan posisi tetap seimbang dengan pertumpu pada pinggul.

Kondisi seperti ini akan membuat satu atau dua tulang belakang melengkung dan tubuh menjadi tidak sejajar.  Akibatnya, bahu akan merosot dan menyebabkan munculnya rasa nyeri.

Jika tidak segera ditangani, sindrom piriformis akan menyebar ke tungkai bawah bahkan hingga area sekitar organ kelamin. Itulah sebabnya sindrom piriformis juga bisa menimbulkan rasa nyeri saat berhubungan suami istri.

Tidak hanya gangguan pinggang dan punggung, sindrom piriformis juga bisa menyebabkan dislokasi tulang, terutama bagian kaki. Dalam kondisi lebih parah, kaki akan terasa nyeri dan mati rasa. Selain itu sindrom ini juga bisa merusak koordinasi sistem saraf.

Itulah sebabnya para ahli kesehatan menganjurkan tidak menyimpan dompet di saku belakang. Ganti kebiasaan tersebut dengan menyimpan dompet di saku jaket, jas, atau masukkan dalam tas. (cp)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir