Sering Sendawa, Bisa Jadi Anda Terkena Asam Lambung
berita

27 December 2018 16:55
Watyutink.com – Sendawa adalah kondisi yang lazim terjadi saat kita baru selesai makan. Bahkan sendawa menandakan sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Namun lain ceritanya jika sendawa dialami terus menerus.

Tahukah Anda, sendawa yang terus-menerus menandakan ada yang tidak beres dengan lambung kita?

Julia Kavanagh, MD, seorang dokter medis internal dari UCHealth, mengatakan sendawa terus-menerus adalah gejala yang tidak normal dan menunjukkan ada masalah. Beberapa penyakit yang mungkin muncul adalah penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), yaitu kondisi dimana asam lambung yang naik ke kerongkongan. Selain sering sendawa, GERD juga ditandai dengan rasa panas di sekitar ulu hati.

Sering sendawa juga bisa menjadi pertanda Anda terkena peradangan dan luka iritas pada lambung dan usus halus. Dalam jangka panjang, kondisi yang disebabkan bakteri Heliobacter pylori atau disingkat H. pylori ini bisa menyebabkan gastritis dan kanker lambung.

Sendawa terus menerus juga bisa disebabkan karena hernia hiatal, yaitu kondisi di mana bagian atas lambung menonjol hingga ke bagian pembukaan diafragma. Penyakit ini sering disebabkan oleh adanya tekanan yang intens di sekeliling otot perut, seperti batuk yang kencang, refleks muntah, ngeden selama buang air besar, dan saat Anda mengangkat benda berat.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?