Sering Kesemutan, Pertanda Awal Diabetes
berita
Sumber Foto : hellosehat.com (gie/watyutink.com)
14 October 2019 08:00
Watyutink.com - Pernahkan Anda menderita kesemutan? Gejalanya bagian tubuh seolah mati rasa atau kebas. Umumnya kesemutan muncul karena duduk terlalu lama atau ada bagian tubuh yang tertindih bagian tubuh yang lain. Sebagian besar orang menganggap kesemutan adalah hal yang tidak berbahaya. Tapi bagaimana jika kesemutan muncul berulang kali tanpa sebab?

Tahukah Anda, kesemutan muncul berulang tanpa sebab bisa menjadi pertanda adanya penyakit kronis, seperti diabetes.

Dalam Buku Pegangan Diabetes karya Bilous dan Donelly disebutkan neuropati diabetikum merupakan salah satu komplikasi diabetes yang gejalanya seperti kebas dan nyeri.

Semenatara itu World Health Organization (WHO) menyebutkan beberapa diabetes, yaitu banyak minum, sering merasa lapar dan banyak makan, serta sering buang air kecil. Jika kondisi tersebut dibarengi kesemutan atau kebas, maka sebaiknya segera memeriksaan kadar gula darah.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah