Sering Diremehkan, Daun Kitolod Mampu Obati Asma, Sakit Gigi, Sakit Mata, dan Cegah Kanker
berita
Daun Kitolod
31 May 2020 17:12
Watyutink.com - Tak banyak dari kita yang tahu tanamam kitolod. Pasalnya kitolod hanyalah tumbuhan liar yang sering dianggap tak berguna. Kitolod selama ini kerap tumbuh ditempat lembab, seperti selokan, pinggir sungai, danau maupun sawah.

Sejatinya kitolod memiliki beragam manfaat bagi manusia. Pasalnya tanaman ini kaya akan kandungam zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini menjadikan kitolod sering dijadikan obat bagi berbagai penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat tanaman kitolod bagi kesebatan?

Tanaman kitolod mempunyai nama latin isotoma longiflora. Tanaman kitolod bisa dikenali dari bunganya yang berbentuk kecil berwarna putih dan biasanya tumbuh pada ketiak daun. Kitolod mempunyai daun berbentuk runcing bergerigi. Batangnya tegak dan menompang daun, bungga hingga buah. Namun hati-hati dengan getah kitolod   yang beracun dan berbahaya.

Tanaman kitolod dikenal kaya akan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti lobelin, isotomin, saponin, alkaloid, dan polifenol. Hal inilah yang menyebabkan kitolod banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai jenis penyakit.

Salah satu kegunaan kitolod adalah sebagai obat sakit mata. Caranya, ambil daun dan bunga kitolod segar. Cuci hingga bersih menggunakan air mengalir. Ambil segelas air bersih lalu celupkan bunga kitolod ke dalam gelas. Biarkan sejenak.

Ambillah tangkai bunga kitolod lalu teteskan air yang tersisa pada bunga kitolod pada mata yang sakit. Pada mulanya, mata akan terasa sakit, lama kelamaan akan berangsur membaik. Lakukan secara rutin dua kali seari dan kedipkan mata ketika menggunakan agar cairan terserap dengan baik.

Tanaman kitolod juga berkhasiat mengobati sakit gigi, terutama yang disebabkan gigi berlubang. Caranya adalah ambil dua lembar daun kitolod, bersihkan dengan air mengalir. Haluskan daun tersebut lalu masukan kedalam gigi yang berlubang. Biarkan beberapa saat hingga rasa sakitnya reda.

Bagi penderita asma atau radang tenggorokan. Penyakit ini bisa berakibat fatal lantaran bisa mengganggu pernafasan. Bagi penderita asma, kitolod bisa jadi pengobatan alternatif. Caranya, ambil dua atau tiga lembar daun kitolod, cuci hingga bersih. Lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan. Minum air rebusan tersebut secara rutin, dua kali sehari hingga gangguan pernafasan reda.

Ramuan kitolod juga berguna melindungi tubuh dari penyakit kanker. Pasalnya  tanaman kitolod mengandung senyawa yang mampu membunuh sel kanker dalam tubuh. Untuk membuat ramuannya, caranya ambil tiga lembar daun kitolod, cuci hingga bersih. Rebus dengan lima gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Minum air rebusan itu setiap hari seacara rutin.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila