Sering Diremehkan, Buah Kersen Ternyata Bisa Atasi Asam Urat, Diabetes, dan Darah Tinggi
berita
Sumber Foto: youtube.com
03 March 2019 16:45
Watyutink.com - Tidak seperti buah lainnya yang sering disajikan di atas meja, seperti apel, pisang, atau jeruk, buah kersen justru sering diabaikan. Sebagian orang bahkan menganggap buah kersen bukan termasuk buah-buahan. Pohon kersen lebih sering dianggap sebagai pohon peneduh pinggir jalan daripada pohon buah. 

Tapi siapa sangka, buah kecil ini memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Tahukah Anda, apa manfaat buah kersen bagi kesehatan?

Buah kersen diketahui mengandung zat flavonoid dan kadar purin rendah. Flavonoid adalah antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan organ tububakibat radikal bebas. Senyawa flavonoid dapat menghambat enzim xantin oksidase yang membentuk asam urat darah.

Selain itu, tingginya kandungan air pada buah kesen dapat membantu melarutkan purin yang mengendap di ginjal dan persendian. Kondisi itulah yang membuat buah kersen disebut mampu mengobati asam urat.

Dalam studi ini diketahui bahwa pemberian jusbuah kersen dapat memengaruhi penurunan kadar asam urat darah. Meskipun penurunan ini tidak setajam menggunakan allopurinol atau obat penurunkan asam urat.

Buah kersen juga bisa menjadi obat alternatif bagi penderita diabetes. Pasalnya kandungan flavonoid, tanindan saponin dalam buah kersen bisa berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyekresi hormon insulin yang dibutuhkan untuk metabolisme gula.

Fungsi sebagai antioksidan pula yang membuat buah kersen mampu menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu kanker.

Rebus 50 hingga 100 gram buah dan daun keren dalam satu liter air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Rutin minum ramuan tersebut dua kali sehari diyakini dapat menyehatkan kadar gula darah.

Buah yang bernama latin muntingia calabura ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium dalam buah kersen dapat menstabilkan tekanan darah serta menurunkan resiko terkena stroke.

Buah kersen juga mengandung vitamin A dan betakaroten yang berguna menjaga kesehatan mata. Sedangjan vitamin C yang dimiliki buah kersen dapat mencegah timbulnya penuaan dini dan berguna untuk kesehatan kulit.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?