Sering Dianggap Tanaman Penganggu, Sirih Cina Ternyata Bisa Sembuhkan Demam, Sakit Kepala, Gangguan Ginjal dan Asam Urat
berita
Sirih Cina
12 May 2020 16:15
Watyutink.com – Selama ini tanaman sirih cina sering dianggap gulma atau tanaman pengganggu. Terlebih selama ini tanaman sirih cina tumbuh di area lembah dan tersembunyi, baik di sawah maupun pekerangan sekitar rumah. Hal inilah yang membuat tanaman yang kerap tumbuh bersama dengan alang-alang dan rerumputan liar ini biasanya akan dibuang begitu saja.

Padahal sebenarnya, tanaman sirih cina mempunyai beragam manfaat, terutama untuk pengobatan. Tanaman sirih cina diketahui memiliki kandungan senyawa yang berkhasiat untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat sirih cina untuk kesehatan manusia?

Tanaman sirih cina mempunyai nama ilmiah Peperomia pellucida. Namun tanaman ini juga dikenal dengan nama ketumpang air. Orang Jawa menyebutnya sebagai seladan atau suruhan. Sedangkan orang Sunda menyebut sirih ciha dengan rangu-rangu.

Tanaman ini mudah dikenali dari bentuk daunnya yang menyerupai sirih tapi ukurannya lebih kecil. Jika dibiarkan, tanaman sirih cina bisa tumbuh hingga ketinggian 45 sentimeter. Namun sirih cina tidak tahan dengan sinar matahari. Sirih cina akan langsung kering dan mati jika terkena sinar matahari langsung. Itulah sebabnya sirih cina banyak tumbuh di tempat yang lembab dan tersembunyi.

Penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan sirih cina memiliki kandungan senyawa yang cukup beragam, seperti tanin, alkaloid, kalsium oksalat, lemak dan minyak atsiri. Senyawa tersebut terdapat di seluruh bagian tanaman. Itulah sebabnya seluruh bagian tanaman, seperti daun, batang, dan akarnya bisa dimanfaatkan untuk obat.

Selain itu sirih cina juga mengandung sifat anti-inflmatory, antibiotik, dan analgesik. Hal ini membuat sirih cina mampu mengobati beragai penyakit, salah satunya untuk mengobati gangguan kulit, seperti bisus, abses, jerawat dan radang kulit. Caranya, ambil dua rumpun tanaman sirih cina yang sudah setinggi 10 sentimeter. Cuci hingga bersih lalu rebus dengan satu setengah  gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Minum ramuan tersebut selagi hangat dan lakukan dua kali sehari.

Sirih cina juga bisa menjadi obat sakit kepala dan demam. Caranya, ambil 15 lembar daun sirih cina, cuci hingga bersih. Tumbuk atau giling hingga halus dan tempelkan ramuan tersebut di pelipis kanan dan kiri. Bisa juga dengan cara, rebus dua batang tanaman sirih cina yang sudah berukuran 10 sentimeter. Rebus dengan 300 mililiter atau satu setengah gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Minum air rebusan itu saat masih hangat dua kali sehari.

Jika Anda mengalami gangguan perut, sirih cina bisa menjadi obat alterrnatif. Caranya, ambil batang tanaman sirih cina secukupnya. Bersihkan lalu tumbuk atau giling hingga halus. Peras dengan kain bersih dan minum hasil air perasannya.

Sirih cina juga bisa membantu mengatasi masalah ginjal. Caranya tak jauh beda, ambil beberapa tanaman sirih cina, cuci bersih. Rebus dengan air sebanyak 1,5 gelas hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Minum ramuan tersebut dua kali sehari.

Daun sirih cina juga bisa membantu mengatasi asam urat. Caranya, ambil segenggam daun dan batang sirih cina, rebus dengan dua gelas air selama 15-20 menit. Setelah mendidih angkat dan biarkan menjadi hangat. Minum air rebusan sirih cina itu rutin tiga kali sehari.

Sirih cina juga bermanfaat menyembuhkan luka bakar. Ambil sirih cina secukupnya, cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus. Tempelkan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang mengalami luka bakar. Lakukan beberapaka hari sekali sampai luka bakar benar-benar sembuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF