Sepeda Onthel, Gowesan Tempo Doeloe dengan Sejuta Kenangan
berita
Bung Karno-Ibu Fatmawati dengan Sepeda Onthel/ Net
18 August 2021 08:00
Watyutink.com - Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Sepeda Onthel, jenis sepeda yang identik dengan sepeda tua. Itulah sebabnya dalam berbagai kesempatan sepeda onthel selalu tampil dengan dandanan ala tempo doeloe. Penunggangnya pun selalu tampil dengan kostum masa lampau.

Sepeda Onthel juga menjadi Kenangan Tersendiri pada Presiden Pertama RI. Dalam buku ‘Total Bung Karno’ karya Roso Daras dikatakan bahwa Bung Karno berusaha menyisihkan uang untuk ditabung hingga akhirnya beliau memiliki sepeda dari uang tabungannya. Bahkan saat Bung Karno dan Ibu Fatmawati mendapat undangan dari Presiden India pada tahun 1950, beliau juga menyempatkan diri untuk mengayuh sepeda, memboncengkan Ibu Fatmawati menyusuri jalan menuju Taj Mahal di Uttar Pradesh.

Tapi tahukah Anda, apa sebenarnya arti dari kata Onthel?

Kata “Onthel” sebenarnya diambil dari bahasa Jawa yang berarti kayuh atau gowes. Maka sesungguhnya yang dimaksud dengan sepeda onthel  adalah semua sepeda yang bergerak dengan cara dikayuh. Hal ini untuk membedakan dengan sepeda motor yang digerakkan dengan motor atau mesin.

Seharusnya semua sepeda yang digowes adalah sepeda onthel, tidak peduli berupa sepeda gunung, sepeda balap, sepeda fixie, sepeda mini, atau BMX.

Sedangkan yang sekarang dikenal dengan sepeda onthel sebenarnya adalah sepeda kebo. Ada pula yang menyebutnya sepeda unta atau sepeda kumbang. Bentuknya mirip dengan jenis sepeda jengki, namun berbeda bentuk stangnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF