Sengon, Bahan Bangunan yang Bermanfaat Atasi Asma, Gangguan Pencernaan dan Obat Tidur
berita
Pohon Sengon
29 November 2019 16:15
Watyutink.com – Selama ini kita mengenal pohon sengon sebagai bahan bangunan. Pasalnya kayu sengon diyakini sangat kuat sehingga bagus untuk membuat rumah atau bangunan yang lain. Kayu sengon biasanya digunakan untuk kuda-kuda atau blandar atap rumah. Selain itu kayu sengon juga sering digunakan untuk kusen pintu dan jendela.

Namun banyak di antara kita yang tidak mengetahui, sengon juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Bahkan sengon diyakini bisa mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Tahukah Anda apa manfaat sengon untuk kesehatan?

Sengon yang mempunyai nama ilmiah Albizia Chinensis dalah jenis pohon atau tanaman kayu yang bisa tumbuh dengan cepat. Pohon ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 45 meter. Pohon ini sudah lama digunakan sebagai bahan obar-obatan. Di India sengon kerap dijadikan bahan untuk perawatan ayurvedic, yakni perawatan kesehatan dan kecantikan menggunakan bahan-bahan alami.

Bagian pohon sengon yang kerap digunakan untuk kesehatan adalah buah atau bijinya. Buah sengon berbentuk pipih. Dalam satu buah terdapat 15 hingga 20 biji yang bisa diolah menjadi kacang. Di beberapa daerah makanan ini disebut cangseng, kependekan dari kacang sengon.

Dikutib dari Organic Facts, media kesehatan yang terbit di Mumbai, India disebutkan biji sengon mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti saponin, polifenol, dan triterpenoid. Itulah sebabnya biji sengon bisa digunakan sebagai obat beberapa penyakit, seperti  obat cemas. Biji sengon mempunyai komponen aktif berupa quercetin, isoquercetin, saponin, dan polifenol yang memiliki dampak positif bagi tubuh. Zat-zat tersebut bisa membantu mengurangi rasa cemas dan stres.

Biji sengon juga bisa mengerangi gejala depresi. Pasalnya sengon bisa menyeimbangkan hormaon dalam tubuh yang bermanfaat meningkatkan suasana hati. Selain itu sengon dapat meredakan perasaan ingin bunuh diri dan tantrum, penyebab depresi.  

Daun sengon juga bermanfaat sebagai obat tidur. Rebusan daun sengon diyakini dapat menenangkan saraf dan pikiran. Hal ini menyebabkan tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Sengon juga bermanfaat mengatasi gangguan pernafasan, seperti asma dan alergi. Pasalnya sengon dapat membantu mengatasi peradangan pada saluran pernapasan. Pohon sengon juga kaya akan kandungan antioksidan yang dapat menangkal efek buruk radikal bebas dalam tubuh.

Sedangkan kandungan antiinflamasi dan antioksidan dalam sengon bisa menjaga kesehatan kulit. Itulah sebabnya sengon dapat mengatasi gangguan kulit seperti ruam, jerawat, dan psoriasis, yakni gangguan yang menyebabkan gatal dan nyeri.

Untuk mengolah biji sengon menjadi kacang sangat mudah, ambil biji sengon jemur hingga kering, pecah dan keluar dari kulitnya. Bisa juga dengan menggoreng menggunakan minyak sangat panas agar kulit terlepas dari biji.

Berikan garam pada biji sengon yang sudah terlepas dari kulitnya agar sisa kulit yang masih melekat benar-benar terlepas. Pasalnya kulit biji sengon rasanya pahit. Selanjutnya biji sengon tersebut bisa dinikmati layaknya makan kacang.  (cp)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir