Sembuhkan Wasir dengan Air Rebusan Adas, Kayu Pulosari, dan Pisang Batu
berita
Kayu Pulosari, Adas, Pisang Batu
21 October 2020 16:50
Watyutink.com – Salah satu gangguna sistem pencernaan yang sering diderita orang Indonesia adalah wasir. Penyakit yang juga disebut ambeien ini membuat penderitanya tidak nyaman bahkan tersiksa. Pasalnya penderita wasir tidak enak saat berdiri dan sakit saat duduk, semua jadi serba salah. Saat sedang kambuh, wasir akan menyebabkan bejolan pada area sekitar anus. Hal inilah yang menyebabkan seseorang jadi serba salah, duduk sakit berdiri tidak nyaman. Berbagai aktivitas sehari-hari, seperti bekerja dan sebagainya dipastikan terganggu.

Penderita wasir akan selalu berusaha menyembuhkan penyakit yang dideritanya. Cara yang paling sering dilakukan adalah menggunakan obat kimia dan operasi. Padahal wasir bisa diatasi dengan bahan alami atau herbal.

Tahukah Anda, bahan alami apa yang bisa mengobati wasir?

Wasir adalah gangguan kesehatan akibat terjadinya pembengkakan di sekitar usus besar dan anus. Munculnya wasir seringkali ditandai dengan rasa gatal disertai nyeri bahkan berdarah saat buang air besar. Hal itu disebabkan meningkatnya tekanan pada pembuluh darah di area sekitar anus.

Selain itu, wasir atau hemoroid juga muncul akibat adanya gangguan konstipasi, kebiasaan mengejan saat buang air besar, serta kurangnya asupan serat dalam makanan sehari-hari. Selain itu makanan pedas juga bisa memberikan pengaruh buruk bagi penderita wasir.

Makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan yang memperburuk kondisi wasir. Itulah sebabnya penderita wasir sebaiknya mengindari makanan pedas. Kebiasaan duduk terlalu lama dan mengangkat beban berat  juga bisa memicu seseorang terserang wasir.

Penderita wasir selalu berusaha menyembuhkan penyakitnya, termasuk dengan cara operasi. Namum bagi sebagaian penderita wasir, operasi adalah cara yang menakutkan. Itulah sebabnya penderita sebisa mungkin berusaha menghindari operasi. Penggunaan bahan alami atau herbal bisa menjadi solusi.

Ada banyak bahan alami yang bermanfaat mengatasi wasir atau ambeien, salah satunya adalah adas. Tanaman adas mempunyai nama latin Foeniculum vulgare Miller dan berasal dari kawasan Mediterania. Semua bagian tanaman adas bisa dimanfaatkan untuk obat. Namun yang kerap digunakan adalah bijinya. Biasanya adas dimanfaatkan sebagai campuran bumbu untuk bebagai jenis masakan.

Adas dikenal kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti serat, karbohidrat, protein, dan lemak tanpa kolesterol. Kandungan mineral dalam adas adalah tiamin, riboflavin, naisin, asam pantotenat, dan piridoksin. Adas juga mengandung  fosfor, zat besi, kalsium, seng, natrium, potasium, mangan, selenium, magnesium, sodium, dan tembaga.

Disamping itu juga ada mineral lain seperti kolin, lutein, zeaxantin, anetol, flavonoid, asam rosmarinic, asam klorogenik, terpen, dan beberapa asam amino esensial seperti leusin, isoleusin, triptofan, dan fenilalanin. Sedangkan vitamin yang terkandung dalam adas adalah vitamin A, B kompleks, C, E, dan K.

Kandungan nutrisi, mineral dan vitamin inilah yang menjadikan adas berguna untuk menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan, salah satunya untuk menyembuhkan wasir atau ambeien. Pakar pengobatan herbal, dr  Zaidul Akbar melalui akun instagram yang dikelolanya, kajian kesehatan Islam membagikan resep ramuan untuk wasir.

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah, dua sendok teh adas, setengah sendok teh kayu pulosari, satu buah pisang batu yang masih muda, dan madu. Cuci adas dan kayu pulosari hingga bersih lalu memarkan dengan cara digeprek. Rebus dengan satu gelas air sampai mendidih dan tersisa setengah gelas. Angkat dan biarkan menjadi hangat.

Parut atau haluskan pisang batu lalu peras dan ambil airnya. Campurkan dengan air rebusan adas dan kayu pulosari. Tambahkan madu untuk menambah rasa. Aduk hingga benar-benar merata. Minum ramuan tersebut sehari sekali. Terutama bagi penderita wasir yang sampai mengeluarkan darah. Lakukan hingga wasir reda.  

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF