Sembuhkan Vertigo dengan Wedang Jahe dan Kayu Manis
berita
Wedang Jahe Kayu Manis
17 June 2020 17:00
Watyutink.com – Salah satu gangguan kesehatan yang kerap diderita masyarakat adalah vertigo. Beban kerja yang berat ditambah pola hidup tidak sehat membuat orang kerap dilanda vertigo. Hal ini tentu saja tidak bisa dibiarkan. Pasalnya vertigo bisa sangat menganggu. Berbagai aktivitas bisa terhambat saat gangguan kesehatan yang menyerang kepala ini kambuh.

Itulah sebabnya vertigo harus segera disembuhkan. Biasanya orang akan menggunakan obat-obatan kimia untuk mengatasi vertigo. Padahal penyakit ini sejatinya bisa disembuhkan menggunakan bahan-bahan alami. Selain mudah didapat, bahan alami juga lebih aman lantaran bebas kandungan zat atau bahan kimia.

Tahukah Anda, bagaimana mengatasi vertigo menggunakan bahan alami?

Vertigo adalah gangguan kesehatan yang menyerang kepala. Meski demikian, vertigo berbeda dengan sakit kepala. Bahkan vertigo bisa jadi adalah gejala yang telah terjadi selama jangka waktu tertentu. Kumpulan gejala itu bisa kambuh secara tiba-tiba.

Vertigo biasanya ditandai dengan seolah-olang lingkungan sekitar berputar atau melayang. Seringkali penderita akan kehilangan keseimbangan bahkan sulit berdiri dan berjalan. Selain kliyengan atau kepala serasa berputar, vertigo juga kerap disertai mual, muntah dan keluar keringat berlebih. Vertigo juga mengakibatkan nistagmus atau mata bergerak tidak normal dan telinga berdenging.

Dalam kondisi ringan, vertigo bisa hilang dengan sendirinya hanya dengan beristirahat. Namun hal ini tentu saja tidak bisa dibiarkan dan dianggap sepele. Jika tidak mendapat penanganan, vertigo bisa menjadi lebih parah. Frekuensi kambuh juga menjadi lebih sering.

 Untuk menyembuhkan vertigo tidak harus menggunakan obat buatan pabrik. Pasalnya vertigo bisa disembuhkan dengan mengonsumsi bahan alami, diantaranya adalah jahe. Rempah yang kerap digunakan sebagai bumbu dapur ini dikenal kaya akan kandungan zat dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti fenolat, proteolitik, zingibain, minyak atsiri, oleorosin, gingerol, dan shogaol.

Selain itu jahe juga juga kaya akan kandungan air, serat, karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan kandungan mineral dan vitamin dalam jahe adalah kalsium, fosfor, besi, vitamin  A, B1, B3, dan C. Jahe juga mempunyai sifat antioksidan dan antiradang.

Ahli pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar dalam akun instagramnya membagikan resep mencegah vertigo menggunakan jahe. Sebelumnya sediakan bahan-bahan, berupa satu ruas jahe seukuran ibu jari, lima sentimeter kayu manis, dua sendok makan lemon atau jeruk nipis, dua sendok makan madu, dan 300 mililiter air matang.

Cara membuatnya, iris jahe tipis-tipis lalu rebus sebentar bersama kayu manis. Jangan terlalu lama merebusnya. Setelah muncul gelembung kecil, angkat. Setelah menjadi hangat tambahkan madu dengan air perasan lemon atau jeruk nipis. Minum ramuan atau wedang jahe tersebut untuk menghilangkan vertigo.

Selain dikonsumsi saat vertigo kambuh, ramuan tersebut juga bisa dinikmati secara rutin setiap hari. Pasalnya ramuan tersebut juga berguna mencegah masuk angin dan menjaga stamina tubuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF