Sembuhkan TBC dengan Ramuan Kunyit, Temulawak dan Jahe Merah
berita
Kunyit-Temulawak-Jahe
09 November 2020 16:30
Watyutink.com – Salah satu gangguan kesehatan organ pernafasan adalah tuberkolosis. Penyakit yang kerap disingkat menjadi TBC ini menyerang organ paru-paru. Meskipun TBC juga bisa menyerang organ tubuh lain, seperti tulang, usus, dan kelenjar.

TBC bukan penyakit yang bisa disepelekan. Pasalnya jika tidak mendapat penanganan penyakit ini bisa berakibat fatal. Bahkan TBC kerap disertai batuk berdahak yang terkadang bercampur darah. Itulah sebabnya TBC harus segera diobati agar tidak menjadi lebih parah.

Seringkali TBC diobati dengan mengonsumsi obat-obatan kimia. Padahal sejatinya TBC bisa diatasi dengan mengonsumsi bahan-bahan alami atau herbal. Beberapa ahli kesehatan menyebut obat herbal lebih baik lantaran bebas dari kandungan kimia. Selain itu bahan untuk membuat obat alami bisa dengan mudah ditemukan.

Tahukah Anda, apa bahan alami yang bisa dijadikan obat TBC?

Dokter spesialis paru Rumah Sakit Awal Bros Batam dr. Abdul Malik, SpP, FISR mengatakan TBC atau tuberkolosis adalah penyakit yang menyerang paru-paru akibat bakteri mycobacterium tubercolosis. TBC kerap ditandai dengan batuk dalam waktu lama dan tak kunjung sembuh. Kondisi batuk bisa berlangsung hingga tiga minggu dan seringkali bercampur dengan dahak dan darah.

Penyakit TBC bisa menular melalui percikan ludah atau cairan dari mulut yang terpercik saat batuk, bersin, atau berbicara. Terlebih jika orang yang terpercik memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Para ahli menyebut bakteri tuberkolosis tidak akan berkembang biak dalam tubuh yang sehat.

Bakteri TBC sangat senang hidup dalam tubuh yang kurang gizi dan daya tahan tubuhnya menurun. Itulah sebabnya penting bagi orang selalu menjaga kesehatan tubuh, memperkuat kekebalan tubuh atau sistem imun. Selain itu asupan gizi dalam tubuh juga perlu dijaga.

Hal yang terpenting adalah memastikan teman atau orang disekitar kita tidak mengidap TBC. Hindari kontak langsung dengan penderita TBC, terutama percikan ludah. Hindari pula kebiasaan-kebiasaan yang bisa memicu penyakit TBC, seperti merokok, konsumsi makanan tidak sehat dan kebiasaan begadang yang menyebabkan kurang tidur.

Jika terindikasi terserang TBC segera lakukan upaya penyembuhan, salah satunya dengan mengonsumsi ramuan atau obat tradisional. Pakar pengobatan herbal dr Zaidul Akbar, melalui akun instagram kajian kesehatan Islam berbagai resep untuk TBC. Resep berbahan dasar kunyit ini bukan hanya ampuh untuk TBC yang menyerang paru-paru, tapi juga untuk kelenjar, usus, dan otak.

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah tiga ruas kunyit berukuran sedang. Satu ruas temulawak dan jahe merah, satu sendok makan asam jawa, satu butir jeruk nipis bisa juga diganti lemon dan madu secukupnya.

Parut temulawak, jahe merah, dan kunyit lalu rebus bersama asam jawa dengan air sebanyak 500 cc atau sekitar dua gelas ukuran sedang. Setelah matang, biarkan hingga menjadi hangat. Tambahkan air perasan jeruk nipis dan madu. Minum selagi hangat. Perlu diingat ramuan tersebut tidak boleh didiamkan selama lebih dari enam jam. Minum satu atau dua kali sehari sebelum makan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF