Sembuhkan Sembelit, Bisul, Jerawat dan Nyeri Datang Bulan dengan Kulit Durian
berita
Sumber Foto : istimewa
06 July 2021 17:05
Watyutink.com – Siapa yang tak kenal durian. Buah yang dijuluki 'king of fruits' atau raja buah-buahan ini terkenal sangat lezat dan nikmat. Rasanya yang manis membuat kebanyakan orang tergoda menikmati durian.

Biasanya setelah menikmati durian, orang akan membuang kulitnya begitu saja. Kebanyakan mengira kulit durian adalah sampah yang tidak ada manfaatnya. Padahal anggapan itu salah. Kulit durian ternyata bisa dikonsumsi dan berguna sebagai obat berbagai penyakit. Kulit durian sejatinya bermanfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kulit durian bagi kesehatan?

Kulit durian diketahui mengandung lignin sebanyak lima persen. Selain itu kulit buah berwarna kuning cenderung gelap ini juga memiliki kandungan selulose sebanyak 50 hingga 60 persen. Kulit durian juga mengandung pati sebanyak lima persen. Lignin dan selulose adalah zat yang dapat diubah menjadi energi dalam tubuh. Itulah sebabnya kulit durian dapat menjadikan tubuh lebih berenergi.

Kulit durian juga mengandung zat antioksidan dan pektrin. Kedua zat tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Itulah sebabnya mengonsumsi kulit durian bisa membuat tubuh lebih kuat dan bisa menangkal serangan penyakit. Pasalnya zat antioksidan bisa menangkal efek buruk dari radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit ringan dan berat.

Kulit durian juga bermanfaat untuk mengobati sakit perut. Caranya cukup mudah, ambil bagian dalam kulit durian lalu haluskan. Bubuhkan atau balurkan kulit durian halus tersebut pada bagian perut yang sakit, biarkan sekitar 10 hingga 15 menit. Sakit perut pun akan segera reda.

Jika Anda terkena sembelit atau susah buang air besar, kulit durian bisa menjadi obat alternatif. Caranya, ambil bagian dalam kulit durian, haluskan dengan cara dilumat. Campur dengan madu secukupnya. Makan ramuan tersebut dua atau tiga sendok makan. Sembelit pun hilang.

Kulit durian juga bisa digunakan untuk mengatasi bisul. Caranya sangat mudah, ambil kulit durian lalu bakar hingga kering. Tumbuk kulit durian yang sudah kering itu sampai halus dan menjadi bubuk atau serbuk. Taburkan serbuk kult durian itu di arera bisul dua kali dalam sehari hingga sembuh.

Serbuk kulit durian tersebut juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Pasalnya kulit durian juga berfungsi sebagai anti bakteri. Caranya taruh serbuk durian tersebut dalam wadah kecil dan tutup. Oleskan serbuk tersebut ke kulit yang berjerawat

Bagi kaum wanita, kulit durian bermanfaat untuk meredakan nyeri haid atau datang bulan. Caranya, ambil bagian dalam kulit durian dan haluskan. Makan ramuan tersebut secukupnya. Bisa juga ramuan tersebut dijadikan param yang dibalurkan di bagian perut hingga nyeri haid reda. Bilas badan, terutama perut dengan air hangat saat nyeri haid sembuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF