Sembuhkan Sakit Kepala, Flu, Insomnia dan PMS dengan Pijat Telapak Kaki, Bisa Dilakukan Sendiri
berita
Pijat Kaki
11 November 2020 17:00
Watyutink.com – Saat terserang beberapa gangguan kesehatan, kita seringkali bertanya-tanya, bagaimana cara mengobatinya. Seringkali pula kita mengambil jalan singkat, yakni minum obat. Cara itu dirasa paling mudah lantaran obat-obatan, terutama obat kimia buatan pabrik bisa dibeli dengan mudah di apotek atau toko obat. Terlebih beberapa diantaranya harganya murah dan cukup terjangkau.

Padahal sejatinya tidak semua gangguan kesehatan harus disembuhkan dengan mengonsumsi obat. Ada cara pengobatan lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan kesehatan, salah satunya dengan pijat. Beberapa penyakit ternyata bisa disembuhkan dengan memijat telapak kaki. Tidak harus dilakukan oleh orang lain, pijatan bisa kita lakukan sendiri.

Tahukah Anda, apa saja manfaat memijat kaki dan bagaimana caranya?

Selama ini kita melakukan pijat hanya jika mengalami masalah, seperti keseleo atau salah urat. Pijat juga kerap dilakukan jika badan pegal setelah bekerja berat. Padahal pijat sejatinya bisa dilakukan kapan saja. Pasalnya pijatan-pijatan dibeberapa titik tubuh bisa membawa manfaat besar bagi kesehatan, salah satunya adalah pijatan di telapak kaki. Bahkan beberapa penyakit bisa diredakan dengan memijit beberapa titik di telapak kaki.

Teknik pengobatan ini sudah lama dikenal dengan nama pijat refleksi. Meski belum ada penelitian secara ilmiar, pijat refleksi terbukti ampuh menyembuhkan beberapa penyakit. Pengobatan dengan teknik pijat kaki bahkan sudah dikenal sejak lama di China. Teknik memijat diyakini bisa memberikan manfaat perbaikan aliran energi di dalam tubuh yang disebut chi.

Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan pijatan kaki, antara lain, sakit kepala. Penyakit yang biasa diredakan dengan minum obat ini ternyata bisa disembuhkan dengan melakukan pijat refleksi di telapak kaki. Caranya, tekan ibu jari dan pergelangan kaki. Pijat dengan gerakan memutar secara perlahan tapi kuat. Lakukan selama sekitar satu menit.

Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala sebelah atau migrain. Jika terjadi di sebelah kanan lakukan pemijatan di ibu jari dan pergelangan kaki sebelah kiri. Sebaliknya jika migrain menimpa sebelah kiri lakukan pijatan serupa di telapan kaki kanan.  

Pijatan kaki juga berguna meredakan sakit flu. Memang terkesan aneh, pasalnya flu seringkali menyerang hidung. Tapi pijatan di telapak kaki terbukti mampu menyembuhkannya.  Caranya, pijat di area ibu jari kaki kanan dan kiri. Lakukan dengan tekanan yang mengarah ke atas dan bawah secara perlahan. Pijitan tersebut diyakini mampu melegakan nafas pada rongg hidung. Pijatan juga dapat meredakan alergi. pasalnya area ibu jari kaki berhubungan langsung dengan saraf -saraf hidung.

Bagi Anda yang mengalami masalah tidur, lakukan pijatan atau menekan kedua ibu jari kaki. Mulailah dengan memberikan tekanan tepatnya di bawah ujung jempol. Selanjutnya pijat pula semua permukaan ibu jari. Penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan pijatan tersebut akan memberi rasa tenang dan rileks pada tubuh. Itulah sebabnya orang yang menderita insomnia atau susah tidur pijatan tersebut bisa dijadikan pengobatan alternatif.

Saat tubuh mengalami lesu dan lemah, biasanya orang mengonsumsi minuman energi. Padahal pijatan di telapak kaki bisa mengatasi tubuh lesu dan lemah atau kurang berenergi. Caranya pijat bantalan telapak kaki  atau di atas lengkungan telapak kaki. Gunakan jempol tangan untuk memijit beberapa titik tersebut. Cara ini diyakini mampu melepaskan hormon adrenalin yang dapat membuat tubuh bugar seketika.

Bagi wanita yang mengalami premenstrual syndrome (PMS) pijatan di telapak kaki bisa menjadi pengobatan alternatif. Caranya, tekan salah satu lekukan kaki, tepat di sisi tepi permukaan kaki. Tekan pula bagian tengah jempol kaki. Pijatan ini diyakini bisa merelaksasi ovarium, rahim, dan kelenjar hipotalamus di otak. Akibatnya PMS yang kerap merepotkan bisa reda.

Pijatan di telapak kaki juga bisa meredakan pegal-pegal. Caranya, duduklah di kursi dengan nyaman, taruh kaki kiri di atas paha kanan. Pijat seluruh bagian kaki mulai dari tumit hingga ibu jari. Gunakan  jempol tangan kanan untuk memijit.

Lakukan pula di jari kaki. Pijit setiap jari kaki dengan gerakan melingkar. Lalu genggam jari kaki dengan satu genggaman, lalu tekuk ke arah telapak kaki dan punggung kaki secara bergantian untuk membuatnya lentur dan rileks.Terakhir, tekan seluruh permukaan telapak kaki Anda, lalu goyang-goyangkan. Akhiri dengan memutar pergelangan kaki beberapa kali.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF