Sembuhkan Sakit Gigi dengan Garam, Cengkeh, Daun Jambu Biji, dan Bawang Putih  
berita
Sakit Gigi
27 October 2020 16:55
Watyutink.com – Siapa sih yang mau sakit gigi, pasti tidak ada seorangpun yang mau mengalaminya. Meski ada lirik lagu yang mengatakan “Lebih baik sakit hati, daripada sakit gigi” tapi dalam kenyataanya orang bakal lebih memilih sebaliknya. Pasalnya sakit gigi adalah gangguan kesehatan yang sangat mengangganggu dan menyakitkan. Aktivitas sehari-hari seperti bekerja atau belajar dipastikan terganggu lantaran gigi terasa nyeri. Jangankan bekerja, tidur pun tidak nyaman akibat gigi terus terasa nyut-nyut.

Itulah sebabnya berbagai cara dilakukan agar sakit gigi segera reda. Penderita sakit gigi seringkali menggunakan obat-obatan kimia yang banyak dijual di toko obat sebagai pilihan. Kemudahan mendapatkannya sering menjadi pertimbangan utama. Padahal sejatinya sakit gigi bisa diredakan menggunakan bahan-bahan alami. Para ahli menilai bahan alami atau herbal lebih baik lantaran bebas dari bahan kimia.

Tahukah Anda, apa bahan alami atau herbal yang bermanfaat menyembuhkan sakit gigi?

Praktisi kesehatan gigi, drg Callista Argentina mengatakan sakit gigi seringkali disebabkan adanya lubang di gigi. Biasanya lubang muncul akibat adanya sisa makanan yang menyelip dan lupa dibersihkan. Lama kelamaan makanan itu akan merusak gigi. Selanjutnya kerusakan akan semakin parah akibat sisa makanan semakin banyak masuk ke dalam lubang tersebut.

Salah satu pengobatan untuk meredakan sakit gigi menurut Callista bisa menggunakan air garam. Berkumur menggunakan air garam bisa membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menyelip di antara gigi. Selain itu garam juga mampu menyerap air sehingga berguna membunuh bakteri jahat dalam mulut.

Bakteri bisa berkembang biak di lingkungan yang basah dan lembab, termasuk mulut. Jika kering maka bakteri tidak akan bisa hidup. Itulah sebabnya berkumur dengan garam bermanfaat meredakan sakit gigi dan bengkak gusi.  Cara larutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik minimal dua kali sehari hingga sakit gigi reda.

Cengkeh juga berguna meredakan sakit gigi. Bahkan cengkeh sudah lama digunakan sebagai obat sakit gigi dalam pengobatan tradisional di China dan India. Cengkeh diketahui mengandung senyawa eugenol yang bermanfaat menghilangkan rasa nyeri secara alami. Cengkeh juga mampu meredakan peradangan dan membunuh bakteri dalam mulut penyebab sakit gigi.

Cara menggunakan gigit cengkeh menggunakan gigi yang terasa sakit. Lakukan selama beberapa saat. Bisa juga menggunakan minyak cengkeh yang sudah dioleskan ke cotton bud. Selanjutnya cotton bud itu ditempelkan di gigi yang terasa sakit. Namun perlu diperhatikan minyak cengkeh bisa menyebabkan iritasi jika tersentuh mata. Itulah sebabnya cuci tangan dengan bersih setelah menyentuh minyak cengkeh. Orang yang memiliki lidah dan gusi sensitif sebaiknya tidak menggunakan cengkeh lantaran bisa menyebabkan sakit tenggorokan dan muntah.

Daun jambu biji juga bisa membantu meredakan sakit gigi. Kandungan senyawa dalam daun jambu biji diyakini mampu mengatasi rasa nyeri di gigi dan meredakan radang akibat penyakit periodontis. Daun jambu biji juga bisa mengobati sariawan.

Caranya cukup mudah, ambil satu atau dua lembar daun jambu biji, cuci hingga bersih. Kunyah daun tersebut hingga keluar airnya. Oleskan air tersebut menggunakan lidah ke bagian gigi yang sakit. Jika cara tersebut dirasa tidak nyaman lantaran daun jambi biji sangat pahit rasanya, bisa menggunakan cara yang lain. Ambil lima lembar daun jambu biji rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidik angkat dan biarkan menjadi hangat. Saring lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Bisa juga ditambahkan sedikit garam.  

Es batu juga bisa membantu meredakan sakit gigi. Rasa dingin dari es batu berguna mengurangi peradangan, bengkak, dan nyeri. Caranya masukkan es batu dalam plastik dan gunakan untuk mengompres bagian pipi yang sakit. Lakukan selama sekitar 15 menit. Jangan lupa lapisi pipi dengan kain atau waslap tipis. Namun kompres dengan es batu hanyalah pengobatan sementara.

Bawang putih juga bisa membantu meredakan sakit gigi. Selain itu bawang putih juga mampu membunuh bakteri penyebab infeksi pada gusi dan gigi. Caranya bisa dengan mengunyah bawang putih di lokasi gigi yang sakit selama beberapa menit. Bisa juga dengan menghaluskan bawang putih lalu menempelkannya di gigi yang sakit.

Namun harus dipastikan tidak ada luka di dalam mulut. Selain itu jangan terlalu lama meletakkan bawang putih dalam mulut. Penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan telalu lama meletakkan bawang putih bisa menyebabkan luka bakar pada selaput mulut.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF