Sembuhkan Radang Amandel dengan Ramuan Jahe, Temulawak, dan Lengkuas
berita
Ilustrasi/ Net
23 February 2021 16:30
Watyutink.com - Radang amandel adalah gangguan kesehatan yang sering dialami orang Indonesia. Salah satu penyakit yang menyerang tenggorokan ini bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Radang amandel kerap menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan dan mulut. 

Itulah sebabnya para penderita radang amandel selalu berusaha agar penyakitnya segera sembuh. Beberapa diantaranya memilih operasi sebagai cara menyembuhkan radang amandel. Padahal sejatinya penyakit ini bisa disembuhkam menggunakan ramuan herbal atau obat tradisional.

Tahukah Anda, apa ramuan herbal yang bisa sembuhkan radang amandel?

Radang amandel adalah gangguan kesehatan saat organ tubuh amandel atau tonsil mengalami peradangan atau inflamasi. Meski umumnya menyerang anak-anak berusia tiga hingga tujuh tahun, tapi tidak menutup kemungkinan penyakit yang juga bernama tonsilitis ini terjadi pada orang dewasa.  

Amandel adalah organ tubuh yang berupa dua kelenjar kecil di tenggorokan yang berfungsi untuk mencegah infeksi, khusunya anak-anak. Saat sudah beranjak dewasa fungsi amandel akan digantikan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang semakin menguat. Saat itulah amandel perlahan akan menyusut.

Radang amandel seringkali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Gangguan kesehatan ini kerap ditandai dengan gejala seperti,  suara serak, bau mulut, batuk, demam dan sakil kepala. Radang amandel bisa dikatakan akut atau parah jika gejala tersebut berlangsung selama lebih dari dua pekan. Sedangkan jika masih kurang dari dua pekan, radang amandel bisa dikatagorikan kronis.

Saat mengalami radang amandel, anak-anak akan jadi susah makan dan rewel. Itulah sebabnya orang tua sering mengambil jalan pintas agar radang amandel sembuh, yakni dengan operasi. Padahal sebenarnya operasi amandel justru memunculkan risiko gangguan kesehatan yang lain. Riset yang dilakukan University of Melbourne, Australia menunjukkan anak berusia kurang dari 10 tahun yang melakukan operasi amandel, saat dewasa kelak akan berisiko mengalami infeksi tenggorokan, hidung, dan sinusitus saat sudah dewas.

Itulah sebabnya sebelum memutuskan operasi, sebaiknya radang amandel disembuhkan dengan mengonsumsi ramuan herbal, yakni  jahe, temulawak dan lengkuas. Untuk bisa membuat ramuan tersebut siapkan temulawak dan jahe, masing-masing sebesar tiga jari. Selain itu juga lengkuas sebesar satu jari.

Iris tipis-tipis semua bahan tersebut. Bisa juga dengan diparut atau diblender. Rebus semua bahan tersebut dengan 500 cc air, biarkan hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Diamkan hingga hangat lalu saring. Untuk menambah rasa tambahkan madu. Minum ramuan tersebut satu hingga tiga kali sehari hingga radang amandel sembuh.

Jahe memang sudah lama dikenal sebagai bahan herbal yang ampuh menyembuhkan keluhan tenggorokan. Pasalnya jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi gangguan atau peradangan di tenggorokan, termasuk amandel.

Konsultan kesehatan dr. Melyarna Putri, M.Gizi, MPH menambahkan jahe juga memiliki sifat antimikroba yang membantu mengatasi infeksi bakteri dan virus. Ekstrak jahe juga diyakini dapat menghambat perkembangan bakteri Streptococcus mutans, Candida albicans, dan Enterococcus faecalis. Ketiga bakteri tersebut adalah pemicu infeksi oral. Jahe juga mengandung senyawa bioaktif fitonutrien yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI