Sembuhkan Nyeri Otot Secara Nikmat dengan Secangkir Kopi Jahe
berita

14 July 2021 16:30
Watyutink.com - Nyeri otot adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami orang Indonesia. Penyebabnya pun bermacam-macam. Aktivitas fisik seperti bekerja atau olah raga sangat mungkin mengakibatkan nyeri otot. Kegiatan mengangkat benda atau beban juga berisiko menyebabkan nyeri otot, terutama di pinggang atau punggung.

Nyeri otot tidak bisa disepelekan. Pasalnya gangguan kesehatan ini bisa berakibat lebih parah jika dibiarkan. Biasanya orang akan langsung mengatasinya dengan obat-obatan, baik obat oles maupun koyo tempel.

Padahal sejatinya sakit pinggang bisa diatasi menggunakan bahan alami atau herbal. Cara ini bahkan lebih nikmat dan enak.

Tahukah Anda, bagaimana menyembuhkan nyeri otot dengan enak dan nikmat?

Kopi jahe adalah cara menyembuhkan nyeri otot dengan nikmat. Selama ini diketahui memiliki kandungan kafein. Zat ini diketahui mampu menyembuhkan sakit kepala serta meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

Ternyata kopi juga mempunyak manfaat sebagai penghilang nyeri dan rasa sakit. Zat itu bernama painkiller. Hal ini sesuai hasil penelitian dari Universitas Oslo, Norwegia. Para ahli tersebut menyatakan bahwa konsumsi kafein pagi hari terbukti mampu menghilangkan rasa sakit terutama pada bagian otot.

Manfaat sebagai penghilang nyeri otot akan semakin ampuh jika ditambahkan jahe. Rempah-rempah yang kerap dijadikan bumbu dapur ini diketahui mengandung beragam mineral seperti zat besi, kalium, magnesium, fosfor, zinc, folat, riboflavin, dan naicin.

Jahe juga memiliki kandungan vitamin B2, B3, B6 dan vitamin C. Kandungan nutrisi, mineral dan vitamin tersebut diyakini mampu mengurangi peradangan, termasuk nyeri otot. Itulah sebabnya jahe sudah lazim digunakan sebagai obat tradisional atau jamu untuk mengatasi pegal linu dan nyeri otot.

Paduan kopi dan jahe diyakini mampu mengatasi nyeri otot dan pegal-pegal setelah bekerja, olah raga atau aktivitas fisik lainnya. Secangkir kopi jahe hangat juga sangat baik setelah melakukan perjalanan jauh. Tubuh akan kembali segar dan siap beraktivitas kembali.

Untuk membuat kopi jahe caranya sangat mudah. Dikutip dari ottencoffe.co.id, sediakan bubuk kopi favorit Anda, boleh robusta atau arabika, sesuai selera. Seduh dengan air panas secara manual menggunakan metode apa saja. Bisa Americano, Long Black, atau metode seduh yang paling mudah, yakni Kopi Tubruk.

Siapkan pula satu ruas jahe segar sebesar ibu jari. Parut sampai halus dan campurkan pada bubuk kopi yang sudah diseduh. Sebaiknya tidak usah ditambahkan gula pasir. Jika ingin mendapatkan rasa manis gunakan gula aren. Nikmati saat masih hangat.

Perlu diketahi hanyalah alternatif mengatasi nyeri otot. Terutama nyeri otot ringan. Jika kondisinya parah, sebaiknya segera hubungi dokter guna mendapatkan penanganan yang lebih baik.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF