Sembuhkan Maag dan Asam Lambung dengan Rutin Minum Teh Daun Pandan, Jahe dan Sereh
berita
Teh Daun Pandan, Jahe dan Sereh
12 October 2020 16:20
Watyutink.com – Salah satu gangguan pencernaan yang kerap diderita orang Indonesia adalah asam lambung dan maag. Saat menyerang, kedua penyakit itu bisa sangat mengangganggu. Aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, belajar, dan sebagainya dipastikan akan terhenti. Pasalnya pada saat itu perut akan terasa nyeri dan sakit yang amat sangat.

Itulah sebabnya asam lambung dan maag harus segera diatasi. Seringkali orang menggunakan obat-obatan kimia untuk menyembuhkan kedua gangguan pencernaan itu. Padahal selain obat kimia, asam lambung dan maag bisa disembuhkan dengan obat atau bahan alami. Bahkan penggunaan obat herbal atau alami lebih baik lantaran tidak memiliki efek samping.

Tahukah Anda, apa obat alami atau herbal untuk asam lambung dan maag?

Gangguan asam lambung adalah penyakit yang timbul akibat naiknya zat asam dalam lambung hingga mencapai esofagus atau kerongkongan. Penyakit ini biasanya terjadi pada saluran pencerrnaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Gangguan asam lambung biasanya menimbulkan rasa panas seolah terbakar di dada dan nyeri di ulu hati.

Sedangkan penyakit maag adalah gangguan pencerraan yang terjadi akibat adanya luka pada lambung. Maag juga kerap disebut tukak lambung seringkali menyerang lantaran kebiasaan makan terlambat dan tidak teratur. Selain itu makan makanan yang terlalu pedas dan asam juga bisa memicu sakit maag. Saat menyerang, maag atau dispepsia menimbulkan rasa nyeri atau panas pada lambung.

Kedua penyakit lambung itu sejatinya bisa disembuhkan menggunakan bahan-bahan alami atau obat herbal. Selain lebih aman dibanding obat kimia buatan pabrik, bahan alami juga lebih mudah didapat. Tak jarang obat herbal itu adalah bahan yang sudah tersedia di dapur kita. Salah satunya dalah obat untuk maag dan asam lambung. Kedua penyakit itu ternyata bisa diobati menggunakan daun pandan.

Tanaman denan nama latin Pandanus Amaryllifolius Roxb ini kerap digunakan untuk membuat kue atau masakan. Para ahli kesehatan herbal menyebut daun beraroma harum ini mengandung beragam zat kimia, seperti alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, polifenol, dan zat warna. Zat inilah yang membuat pandan bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya menjaga kesehatan organ pencernaan.

Manfaat daun pandan untuk mengatasi maag dan asam lambung akan semakin ampun jika dicampur dengan bahan lain seperti jahe. Salah satu rempah atau rimpang yang juga bumbu dapur ini diketahui memiliki kandungan senyawa fenolat yang bermanfaat meredakan iritasi pada saluran pencernaan. Selain itu fenolat juga dapat mengurangi kontraksi pada lambung. Itulah sebabnya jahe berguna untuk  mengurangi risiko zat asam dari lambung naiik hingga mencapai kerongkongan.

Sedangkan rasa hangat yang ditimbulkan jahe bisa menenangkan tubuh dan mengurangi produksi asam dalam lambung. Manfaat jahe lainnya adalah mengurangi mual, pembengkakan, dan  mencegah nyeri otot. Manfaat itu serupa dengan daun pandan yang dapat menimbulkan efek rileks dan menenangkan. Hal akan membuat saraf menjadi lebih tenang dan mengurangi ketegangan. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi ramuan pandan dan jahe, diyakini dapat mencegah maag dan asam lambung kambuh.

Untuk mendapatkan manfaat pandan dan jahe, caranya sangat mudah. Siapkan dua lembar daun pandan dan jahe ukuran sedang, serta sebatang sereh. Potong daun pandan menjadi ukuran kecil. Sedangkan jahe diiris tipis lalu digeprek. Iris sereh pada bagian tengah lalu geprek keduanya.

Seduh semua bahan tersebut dengan 200 mililiter air panas. Tambahkan madu atau gula aren untuk menambah rasa. Nikmati wedang pandang jahe itu selagi hangat. Selain menyembuhkan gangguan pencernaan, rutin minum teh pandan jahe juga bisa mengatasi insomnia atau susah tidur. Pasalnya sensasi hangat jahe dan efek rileks pandan dapat merelaksasi tubuh. Sehingga lebih santai, nyaman dan mudah tertidur jika dinikmati malam hari.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF